Tanpa treatment laser, ini 12 cara menghilangkan bekas jerawat di wajah pakai campuran bahan alami

Tanpa treatment laser, ini 12 cara menghilangkan bekas jerawat di wajah pakai campuran bahan alami

Brilio.net - Jerawat tidak hanya menyebabkan kulit meradang, tetapi juga berpotensi meninggalkan bekas kehitaman atau kemerahan yang mengganggu penampilan. Bekas jerawat terbagi menjadi jenis post inflammatory hyperpigmentation (PIH) dan post post inflammatory erythema (PIE). Perbedaan keduanya adalah pada bekas pasca peradangan. PIH meninggalkan bekas kehitaman, sementara PIE merupakan bekas jerawat yang kemerahan.

Dua jenis bekas jerawat ini membutuhkan treatment yang berbeda. PIH yang disebabkan karena produksi melanin berlebih cenderung lebih mudah dihilangkan dengan perawatan rutin dengan bahan aktif maupun teknologi laser. Sementara PIE meninggalkan bekas kemerahan akibat melebarnya pembuluh darah yang cenderung membutuhkan perawatan lebih lama dan hati-hati.

cara menghilangkan bekas jerawat berbagai sumber

foto: freepik.com

Untuk menghilangkan bekas jerawat kehitaman, kamu bisa menggunakan perawatan rutin dengan skincare yang mengandung berbagai jenis bahan aktif yang mencerahkan. Kamu juga bisa memaksimalkan perawatan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar.

Ada 12 bahan alami yang dipercaya ampuh menghilangkan bekas jerawat kehitaman. Nah, penasaran dengan bahan-bahannya? Yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/3).

1. Daun pandan.

Selain digunakan untuk bahan masakan, daun pandan memiliki sejumlah manfaat bagi kecantikan kulit. Dirangkum dari salah satu jurnal penelitian Asian Journal of Pharmaceutical Research and Development, daun pandan mengandung banyak sifat antioksidan dari komponen berupa flavonoid, alkaloid, dan tanin.

Kombinasi komponen ini dapat membantu mengurangi efek paparan radikal bebas yang merusak kulit, sehingga dapat menyamarkan efek hiperpigmentasi yang memicu munculnya noda hitam. Cara memanfaatkan daun pandan ini cukup mudah, kamu bisa mengikuti trik yang dibagikan oleh pengguna YouTube Mrs. Farida berikut ini.

Bahan:

1. 3 lembar daun pandan
2. Mangkuk bersih.

Cara membuatnya:

1. Potong daun pandan dengan ukuran kecil-kecil
2. Tambahkan dua sendok makan air putih
3. Haluskan dengan menggunakan blender ataupun ditumbuk
4. Aplikasikan masker tersebut secara merata pada seluruh wajah yang sudah dibersihkan
5. Diamkan kurang lebih 30 menit. Lalu, bersihkan dengan menggunakan air biasa.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES