Tanpa toner eksfoliasi, intip trik pria ini bikin wajah bersih dari komedo pakai 2 bahan dapur

Tanpa toner eksfoliasi, intip trik pria ini bikin wajah bersih dari komedo pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Komedo merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang umumnya mulai timbul ketika seseorang menginjak usia remaja. Dalam ranah medis, komedo merupakan permasalahan pada kulit yang timbul akibat penyumbatan pori-pori kulit oleh kotoran, sel kulit mati, dan sebum (minyak alami kulit). Penyumbatan ini akan membuat kotoran menumpuk di rongga pori-pori hingga menghasilkan bintik-bintik kecil, yang dikenal sebagai komedo.

Komedo umumnya memiliki 2 bentuk, yaitu komedo putih (whiteheads) dan hitam (blackheads). Varian komedo putih merupakan gumpalan kotoran yang tersumbat di bawah lapisan kulit yang tertutup. Sementara itu, komedo hitam muncul saat kotoran yang tersumbat tadi mengalami oksidasi akibat interaksi dengan udara, sehingga menghasilkan warna hitam pada permukaan komedo.

Area wajah yang terkenal paling rentan terkena komedo adalah hidung. Pasalnya, hidung memiliki banyak kelenjar minyak alami kulit (sebaceous glands) sebagai organ yang bertanggung jawab dalam mengeluarkan sebum.

Hanya saja, terkadang kelenjar minyak ini dapat memproduksi minyak secara berlebihan, entah itu akibat pengaruh faktor hormon, kondisi cuaca panas, dan lainnya. Akibatnya, hal ini kemudian memudahkan kotoran menempel dan menyumbat pori-pori, dan pada akhirnya mengakibatkan pembentukan komedo.

Nah, salah satu kunci untuk mencapai kriteria tersebut adalah rajin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan salah satu langkah dalam perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat kotoran seperti sel kulit mati, penyumbatan pori-pori, dan sebagainya dari kulit.

Hal ini membuat eksfoliasi bisa meminimalisasi potensi munculnya komedo dengan baik serta membuat kulit bersih dan sehat. Bahkan, saat ini ada banyak sekali produk khusus eksfoliasi berupa toner, kapas, hingga serum sekalipun yang bisa dipilih sesuai selera.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES