Tanpa toner AHA BHA, ini trik bersihkan wajah dari jerawat dan bekasnya pakai 1 jenis sayur

Tanpa toner AHA BHA, ini trik bersihkan wajah dari jerawat dan bekasnya pakai 1 jenis sayur

Brilio.net - Jerawat jadi masalah kulit yang banyak muncul di fase remaja hingga dewasa. Secara umum, jerawat sendiri muncul karena area pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran dan sebum. Penyumbatan ini memicu bakteri dan kuman di kulit berkembang biak dengan cepat di dalamnya sehingga menimbulkan peradangan, sehingga membuat area tersebut membengkak oleh darah dan nanah, membentuk jerawat.

Jerawat umumnya dapat meninggalkan bekas. Dunia medis mengelompokkan bekas jerawat menjadi 2 jenis, yaitu noda kecokelatan (PIH/post-inflammatory hyperpigmentation) dan bekas kemerahan PIE (post-inflammatory erythema). Kedua bekas ini muncul sebagai akibat dari peradangan jerawat yang menimbulkan luka pada jaringan kulit.

PIH muncul sebagai bagian dari proses regenerasi kulit, dimana sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kerusakan akibat jerawat yang mengandung pigmen warna berlebih. Kondisi ini lah menyebabkan munculnya noda gelap di bekas jerawat.

Sementara itu, PIE atau bekas kemerahan terjadi akibat adanya pelebaran dan kerusakan pembuluh darah pada saat jerawat meradang, memicu timbulnya bercak-bercak kemerahan tanda iritasi. Untuk mengatasi problematika jerawat dan bekasnya ini, kamu bisa banget mencoba menggunakan bahan alami sebagai solusi alternatif lho.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES