Tanpa timun, ini trik rapatkan pori-pori besar dan berminyak agar tak jerawatan pakai 1 jenis buah

Tanpa timun, ini trik rapatkan pori-pori besar dan berminyak agar tak jerawatan pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Kulit berminyak merupakan salah satu dari jenis kulit yang dimiliki oleh banyak orang. Tipe kulit kerap menimbulkan banyak masalah kulit. Pasalnya kulit berminyak akan memproduksi sebum (minyak alami kulit) secara berlebihan, sehingga membuat kulit terlihat kusam dan kotor.

Salah satu ciri kulit berminyak adalah rongga pori-porinya yang cenderung lebih besar. Hal ini dipengaruhi oleh pengeluaran sebum di atas batas normal, sehingga memaksa pori-pori kulit juga melebar. Kondisi pori-pori yang melebar juga mempermudah kotoran masuk dan menyumbat pori-pori. Tak jarang kemudian kotoran bereaksi dengan bakteri dan kuman di dalam kulit, sehingga membentuk peradangan jerawat.

Meskipun produksi sebum sebenarnya bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, namun jika terjadi secara berlebih tidak akan baik untuk kesehatan kulit. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi pelebaran pori-pori, seperti fluktuasi hormon, stres, kondisi cuaca panas, hingga polusi dan paparan sinar matahari. Kondisi itu dapat memengaruhi keseimbangan produksi sebum yang menimbulkan problematika di atas.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES