Tanpa teh hijau, ini cara mencegah jerawat tumbuh dan meradang pakai 1 bahan pemanis

Tanpa teh hijau, ini cara mencegah jerawat tumbuh dan meradang pakai 1 bahan pemanis

Brilio.net - Jerawat merupakan salah satu problematika kulit yang umum muncul sejak masa remaja. Dalam dunia medis, jerawat dilihat sebagai bentuk pembengkakan kulit yang terjadi akibat pori-pori pada kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri yang menumpuk. Penyumbatan ini kemudian membuat bakteri jerawat, salah satunya propionibacterium acnes, berkembang biak dengan bereaksi bersama kotoran-kotoran tadi dan membentuk jerawat.

Masalah jerawat pun juga sering disertai dengan adanya rasa sakit. Hal ini dikarenakan sistem kulit akan merespon adanya jerawat sebagai "benda asing" dengan mengeluarkan zat-zat kimia seperti prostaglandin dan leukotrien yang menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit. Apabila tidak ditangani dengan baik, peradangan jerawat dapat merusak barrier kulit yang mengelilingi pori-pori. Jika pelindung alami rusak, hal ini akan berujung pada kerusakan jaringan yang lebih luas dan menyebabkan terbentuknya luka yang mendalam.

Eits, walau begitu, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu khawatir kok. Pasalnya, kamu bisa mencoba menggunakan campuran bahan alami sebagai solusi alternatif melawan masalah peradangan jerawat ini. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan campuran madu dan susu, sebagaimana diperagakan oleh @get_beauty_glow_everyday di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (3/10).

jerawat tumbuh dan meradang  Instagram

foto: freepik.com

Madu adalah sumber mineral, enzim, dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit. Kelembutan alami madu membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat proses penyembuhan, sehingga bermanfaat dalam mengatasi rasa sakit akibat jerawat. Madu juga memiliki sifat antibakteri, membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan menjaga kebersihan kulit secara keseluruhan.

jerawat tumbuh dan meradang  Instagram

foto: freepik.com

Susu merupakan minuman yang kaya akan kandungan asam laktat. Asam laktat dalam susu dapat membantu meluruhkan lapisan kulit mati dan kotoran mengendap di kulit yang acap memicu iritasi serta pembentukan pada kulit. Susu juga berfungsi sebagai toner alami yang dapat menyeimbangkan kadar pH di kulit dan menutrisinya, sehingga menjadikan kulit menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena jerawat.

(brl/pep)

tags

STORIES