Tanpa teh hijau, ini cara cerahkan flek hitam di wajah akibat paparan sinar biru pakai 1 ekstrak buah

Tanpa teh hijau, ini cara cerahkan flek hitam di wajah akibat paparan sinar biru pakai 1 ekstrak buah

Brilio.net - Aktivitas harian yang menuntut kita untuk menatap layar komputer dan handphone membuat mata terasa lelah dan menimbulkan masalah, seperti minus. Ternyata dampak dari adanya kebiasaan tersebut tidak hanya berkaitan dengan kesehatan mata saja, sinar biru yang berasal dari barang elektronik ini bisa memicu munculnya flek hitam di wajah. Kondisi ini dikenal dengan flek biru atau flek sinar biru.

Perlu kamu ketahui, perangkat elektronik yang kita gunakan sehari-hari, terutama yang memiliki layar digital ini menghasilkan sinar biru. Hal ini adalah bagian dari spektrum cahaya yang memiliki energi tinggi dan sering digunakan dalam teknologi modern. Paparan terus-menerus terhadap sinar biru dari layar elektronik dapat merangsang perubahan pada kulit.

Paparan dalam jangka waktu panjang bisa menghasilkan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit dan meningkatkan risiko peradangan. Kondisi ini juga bisa merangsang produksi melanin dalam kulit. Akibatnya dari hal tersebut adalah terjadinya hiperpigmentasi, yaitu peningkatan produksi melanin di area tertentu. Kondisi ini yang mengakibatkan timbulnya bercak gelap atau flek hitam. Tidak hanya itu saja, sinar biru juga dapat merangsang peradangan pada kulit. Nah, proses peradangan ini membuat flek biru ini terlihat jelas dan bisa memperparah kondisi kulit.

Untuk mencerahkan flek hitam akibat sinar biru, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Langkah awal yang cukup penting adalah meminimalkan paparan sinar biru. Lalu, menggunakan sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari sinar biru.

Jika kedua cara tersebut sudah kamu lakukan, langkah berikutnya adalah melakukan perawatan kulit secara rutin. Salah satunya adalah memakai krim yang terbuat dari bahan alami. Jika biasanya teh hijau yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah ini, kini ada bahan alternatif yang bisa kamu gunakan. Pengguna YouTube Aromatalks ini menggantinya dengan ekstrak buah yakni cuka sari apel. Bahan alami satu ini mengandung asam asetat yang bisa menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori. Hal ini bisa membantu mengurangi tampilan flek hitam dan meratakan warna kulit.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES