Tanpa teh hijau dan lemon, ini trik bikin wajah bebas flek hitam dan kerutan hanya pakai 1 umbi-umbian

Tanpa teh hijau dan lemon, ini trik bikin wajah bebas flek hitam dan kerutan hanya pakai 1 umbi-umbian

Brilio.net - Semakin bertambahnya usia seseorang, secara alami kulit akan melalui proses penuaan. Dilansir briliobeauty.net dari Universitas HKBP Nommensen, menyebutkan kulit mengalami proses penuaan pada usia 25 hingga 30 tahun. Tanda-tanda penuaan secara fisik mulai terlihat dengan jelas ketika seseorang memasuki usia 50 tahun ke atas. Nah, proses penuaan bisa terjadi pada semua sel, jaringan, dan organ pada manusia. Namun penuaan yang paling terlihat adalah pada kulit, seperti munculnya flek hitam dan kerutan.

Kedua tanda penuaan ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda. Flek hitam atau dikenal hiperpigmentasi, muncul dikarenakan adanya penumpukan melanin (pemberi warna pada kulit) yang tidak merata. Hal ini bisa terjadi karena dipengaruhi oleh paparan sinar matahari, perubahan hormon, dan peradangan pada kulit karena jerawat.

Berbeda dengan flek hitam, tanda penuaan berupa kerutan muncul dengan bentuk lipatan atau garis-garis kecil di permukaan wajah. Kondisi ini disebabkan oleh penurunan produksi kolagen dan elastin. Kedua protein tersebut berperan menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Tak hanya karena penuaan, kerusakan kolagen ini juga bisa terjadi karena adanya paparan sinar matahari dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok yang bisa mempercepat penuaan dini.

Agar wajah terbebas dari kedua tanda penuaan ini, wajah membutuhkan perawatan yang tepat. Ada beberapa treatment yang digunakan untuk mengatasi masalah kulit ini seperti menggunakan skincare antiaging yang dapat merangsang kolagen dan memakai masker yang terbuat dari bahan alami.

(brl/jad)

tags

STORIES