Tanpa tambahan nasi, ini trik bikin wajah minim kerutan di usia 60 pakai masker dari 1 topping minuman

Tanpa tambahan nasi, ini trik bikin wajah minim kerutan di usia 60 pakai masker dari 1 topping minuman

Brilio.net - Proses penuaan pada tubuh melibatkan penurunan aspek efektivitas dari fungsi organ tubuh. Pada kulit sendiri, penuaan mengakibatkan hilangnya elastisitas dan kekenyalan kulit sehingga membuatnya menjadi kendur. Hal ini dapat dengan mudah dilihat di orang-orang yang telah menginjak usia 50 hingga 60 tahun, karena wajah mereka biasanya akan dipenuhi kerutan berupa keriput dan garis-garis halus.

Secara biologis, kemunculan tanda-tanda penuaan ini terkait dengan penurunan produksi kolagen dan elastin, dua jenis protein penting yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin dalam kulit berkurang, menyebabkan hilangnya kekencangan dan kelembapan alami. Akibatnya, struktur kulit wajah pun perlahan akan rusak dan memunculkan efek kerutan.

Salah satu efek yang paling jelas terlihat saat bertambahnya usia seseorang adalah munculnya tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Dari segi biologis, kehilangan kekencangan dan elastisitas kulit akibat berkurangnya produksi kolagen dan elastin sebagai sel yang membentuk struktur kulit. Hal ini berdampak pada perubahan tekstur dan struktur kulit, sehingga menjadi kendur dan memunculkan kerutan.

Walau begitu, kemunculan tanda penuaan tadi tidaklah hanya terjadi saat umur bertambah. Paparan sinar matahari dapat berefek buruk dalam merusak serat kolagen dan elastin di dalam tubuh, sehingga mempercepat proses penuaan pada kulit.

Selain itu, kebiasaan jelek seperti merokok, kurang tidur, hingga pola makan yang tidak sehat dapat memicu terjadinya stres oksidatif. Kondisi ini menghasilkan hormon perusak struktur kolagen dalam kulit pula.

Akan tetapi, kamu nggak usah bingung. Pasalnya, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai campuran bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif dalam menghambat masalah penuaan.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES