Tanpa tambahan minyak zaitun, ini trik hilangkan kerutan dan flek hitam pakai 1 jenis buah

Tanpa tambahan minyak zaitun, ini trik hilangkan kerutan dan flek hitam pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Proses penuaan alami pada kulit merupakan masalah utama dihindari oleh mereka yang sudah memasuki usia 30 tahunan ke atas. Secara tidak langsung, proses penuaan alami menimbulkan sejumlah tanda-tanda pada kulit, seperti kerutan dan flek hitam.

Kedua tanda penuaan ini bisa terjadi karena semakin bertambah usia, kulit kehilangan kelembapan, kolagen, dan elastin. Kondisi ini menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya, sehingga kerutan dan garis halus muncul.

Kondisi ini semakin terlihat jika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Pasalnya, paparan sinar UV ini bisa merusak kolagen dan elastin pada kulit, maka dari itu proses penuaan kulit menjadi lebih cepat. Hal ini juga bisa membuat produksi melanin di dalam kulit meningkat. Ini bisa menyebabkan munculnya flek hitam di area, seperti wajah dan tangan.

Pola makan yang tidak seimbang juga memiliki pengaruh. Hal ini lantaran, kurangnya keseimbangan dan kurangnya hidrasi bisa menyebabkan kulit kehilangan kelembapan dan nutrisi yang diperlukan agar wajah tetap awet muda.

Mungkin bagi sejumlah orang, adanya kerutan dan flek hitam ini cukup mengganggu mereka. Berbagai cara dilakukan agar tanda penuaan ini hilang. Salah satu cara yang digunakan adalah menggunakan masker yang berasal dari bahan alami.

Dalam masker ini memanfaatkan tiga buah bahan alami, seperti buah pisang, yoghurt, dan madu. Di sisi lain, dalam masker ini tidak ada tambahan bahan seperti minyak zaitun yang bisa mengatasi kerutan dan flek hitam.

Berbicara mengenai komposisi bahan di atas, ketiga bahan alami tersebut memiliki kandungan dan manfaatnya masing-masing. Buah pisang mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6 yang bisa melembapkan, melindungi kulit dari radikal bebas, dan menjaga agar tetap kenyal.

Lalu, yoghurt adalah sumber probiotik alami yang dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit dengan mengatur keseimbangan mikroba dalam saluran pencernaan. Kandungan asam laktat pada yoghurt bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Sama halnya yoghurt, madu menjadi pelembap alami yang membantu mengurangi peradangan. Kandungan antioksidan di dalam bahan ini mampu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas. Kemampuan eksfoliasinya juga bisa menghilangkan sel-sel kulit mati, bahkan dapat meratakan warna kulit.

(brl/pep)

tags

STORIES