Tanpa tambahan madu, ini cara atasi kulit tangan kasar dan kering pakai pelembap dari 1 jenis protein

Tanpa tambahan madu, ini cara atasi kulit tangan kasar dan kering pakai pelembap dari 1 jenis protein

Brilio.net - Kondisi cuaca, baik itu dingin maupun panas memberikan pengaruh yang cukup besar untuk kulit. Jika kulit tidak diperhatikan dengan baik, maka kulit menjadi kasar dan kering, terutama tangan. Perlu kamu ketahui, kulit tangan memiliki sejumlah lapisan pelindung yang membantu menjaga kelembapan secara alami. Musim dingin dan angin kencang secara tidak langsung dapat membuat kulit menjadi kering. Selain itu, paparan sinar UV dari matahari bisa merusak kulit.

Selain faktor di atas, ada beberapa hal lainnya yang menyebabkan tangan kering, seperti menggunakan hand wash dengan kandungan keras dan terlalu sering terpapar air hangat memicu terjadinya kulit kasar.

Agar kulit kasar dan kering kembali halus, kuncinya terletak pada menjaga kelembapan kulit. Maka dari itu, kamu bisa mulai melakukan perawatan dengan rutin memakai pelembap. Gunakan pelembap dengan kandungan gliserin atau asam hialuronat yang bisa membuat kulit tetap terhidrasi.

Selain menggunakan produk untuk menghidrasi, kamu juga bisa lho membuat pelembap sendiri yang berasal dari bahan alami. Jika biasanya madu yang berguna untuk atasi kulit kering, kamu bisa memakai susu sebagai bahan alternatif lainnya.

Susu mengandung laktosa dan protein yang memiliki kemampuan alami untuk menjaga kelembapan kulit. Kandungan ini membantu melembapkan dan menghidrasi kulit kering. Di sisi lain, kandungan alpha hydroxy acid (AHA) dalam bahan ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit tampak lebih lembut. Lalu, sifat antiinflamasi di dalam susu mampu mengatasi peradangan.

Minyak kelapa sebagai bahan tambahan mengandung vitamin E yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan faktor-faktor lingkungan yang dapat menyebabkan kulit kering dan kasar.

Itulah manfaat dan kandungan dari kedua bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat pelembap untuk atasi tangan kasar dan kering? Bagi kamu yang penasaran, bisa mengikuti tutorial yang dibagikan pengguna YouTube HomeTreatswithSara, Rabu (4/10).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES