Tanpa tambahan madu, begini cara atasi gatal dan ruam akibat eksim pakai scrub dari 1 jenis minyak

Tanpa tambahan madu, begini cara atasi gatal dan ruam akibat eksim pakai scrub dari 1 jenis minyak

Brilio.net - Eksim merupakan penyakit peradangan pada kulit yang ditandai dengan munculnya ruam berukuran kecil hingga besar dan rasa gatal terus menerus. Eksim dapat muncul di seluruh bagian tubuh, terutama di tangan, kaki, leher, dada, wajah, dan kepala.

Kondisi kulit ini dapat menyebabkan kulit tampak pecah-pecah, merah, sedangkan pada warna kulit yang lebih gelap ruam mungkin terlihat coklat, ungu, atau abu-abu. Eksim biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor pemicu seperti alergi, debu, makanan, polusi, hingga bulu hewan. Ruam pada eksim umumnya dapat berlangsung hingga tiga minggu.

Jika luka eksim digaruk, maka kondisinya akan semakin memburuk. Hal ini dikarenakan kuku dapat merusak lapisan dermis sehingga memperparah radang dan rasa gatalnya. Aksi menggaruk kulit yang terkena eksim ini dapat membuat seseorang rentan kena infeksi karena jadi mudah bagi bakteri untuk masuk melalui luka yang timbul.

Pada dasarnya, eksim adalah kondisi yang tidak dapat disembuhkan. Pengobatan eksim hanya bertujuan untuk meredakan gejalanya. Dalam hal ini kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah ini. Tanpa tambahan madu, karena pemilik akun TikTok @nazriazya pada 18 Agustus 2021, menggunakan 1 jenis minyak. Minyak yang digunakan adalah minyak zaitun. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu gula pasir dan air mawar.

Atasi gatal dan ruam akibat eksim pakai 1 jenis minyak Berbagai sumber

foto: freepik.com

"How I make my (eczema friendly) sugar scrub! (Bagaimana saya membuat scrub gula (ramah eksim)!)," katanya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @nazriazya, Jumat (22/9).

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES