Tanpa tambahan lemon, ini trik bikin pori-pori tersumbat bersih total pakai 1 jenis minuman

Tanpa tambahan lemon, ini trik bikin pori-pori tersumbat bersih total pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Pori-pori adalah komponen penting dalam struktur kulit manusia, berupa lubang kecil yang tersebar di seluruh permukaan tubuh, menutupi akar-akar rambut. Selain menjadi tempat pertumbuhan rambut di kulit, pori-pori memiliki peran yang signifikan dalam menjaga keseimbangan kulit. Hal ini dilakukan dengan cara melepaskan keringat dan sebum untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

Walaupun memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan kulit, ukuran pori-pori yang membesar justru bisa menjadi sumber masalah. Melebarnya pori-pori umumnya disebapkan oleh peningkatan aktivitas kelenjar sebum untuk memproduksi banyak minyak.

Hal ini berdampak pada menempelnya kotoran, sel kulit mati, dan bakteri pada kulit, yang berlanjut dengan menyumbat rongga tersebut. Apabila tidak dibersihkan dengan baik, hal ini dapat berujung pada pembentukan komedo dan jerawat.

Eits, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu bingung kok. Selain kini kamu bisa mendapatkan berbagai produk skincare yang dikhususkan untuk mengatasi masalah ini, kamu juga bisa lho mengandalkan manfaat yang dikandung oleh sumber-sumber alami yang nggak kalah efektif sebagai solusi alternatif. Salah satunya seperti menggunakan campuran teh hijau, yoghurt, dan tepung beras sebagaimana dicontohkan oleh @@b.e.a.u.t.y_n.o.t.e.s di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Rabu(11/10).

tersumbat bersih total  Instagram

foto: freepik.com

Teh hijau telah lama dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan manfaatnya untuk kesehatan kulit. Senyawa polifenol, sebagai antioksidan alami, membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, teh hijau juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengatasi peradangan yang dapat menyebabkan pori-pori menjadi lebih besar dan tersumbat. Selain itu, kemampuan teh hijau dalam mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pada pori-pori.

tersumbat bersih total  Instagram

foto: freepik.com

Yogurt adalah produk hasil fermentasi susu yang kaya akan asam laktat, vitamin B, kalsium, dan probiotik. Kandungan asam laktat dalam yogurt membantu mengangkat sel-sel kulit mati dengan lembut, membantu merapatkan pori-pori besar pada kulit wajah. Selain itu, probiotik dan vitamin B dalam yogurt juga membantu menjaga kebersihan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

tersumbat bersih total  Instagram

foto: freepik.com

Tepung beras merupakan bahan alami lain yang efektif untuk mengatasi masalah yang telah disebutkan di atas. Tepung beras mengandung nutrisi seperti vitamin B, mineral, dan asam amino yang berguna untuk memberikan nutrisi yang sehat pada kulit. Ketika diaplikasikan pada wajah, sifat eksfoliasi yang lembut dan kemampuan menyerap minyak berlebih dari kulit tepung beras bekerja efektif membersihkan pori-pori, mengurangi jumlah kotoran di kulit.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES