Tanpa tambahan kunyit, ini trik bunuh bakteri penyebab noda kuning pada gigi pakai 3 bahan alami

Tanpa tambahan kunyit, ini trik bunuh bakteri penyebab noda kuning pada gigi pakai 3 bahan alami

Brilio.net - Noda kuning yang menempel pada permukaan gigi disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah bakteri (streptococcus dan Actinomyces) yang bersarang di dalam mulut. Bakteri tersebut berasal dari sisa-sisa makanan dan saliva. Munculnya bakteri ini memetabolisme gula dan karbohidrat dalam makanan yang dikonsumsi berubah menjadi asam. Kondisi ini nantinya bisa merusak enamel gigi dan membentuk noda kuning.

Jika email gigi ini terkikis, lapisan dentin yang berada di bawah ini bisa terlihat dengan jelas. Proses inilah yang membuat warna kuning terlihat dengan jelas. Selain asam, bakteri juga dapat memproduksi pigmen yang bisa menempel pada gigi. Selain dipengaruhi oleh bakteri, noda kuning pada gigi juga dikarenakan kebiasaan merokok dan minuman berwarna. Zat-zat dalam rokok dan minuman, seperti teh atau kopi bisa menempel.

Meskipun noda kuning pada gigi ini cukup mengganggu penampilan, kamu tak perlu khawatir. Kondisi ini dapat kamu atasi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menggunakan obat kumur atau mouthwash yang terbuat dari bahan alami.

Jika biasanya bahan dasar yang digunakan untuk atasi noda kuning adalah bubuk kunyit, dalam video yang dibagikan oleh Shelbizleee ia memakai tiga bahan alami yaitu peppermint, tea tree oil, dan baking soda.

Ketiga bahan alami ini memiliki manfaatnya masing-masing. Peppermint memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut, penyebab bau mulut. Rasa mint yang khas dari peppermint dapat memberikan rasa segar dalam mulut. Maka dari itu, membuat bahan ini sering digunakan dalam pasta gigi dan produk perawatan mulut lainnya.

Bahan kedua yaitu tea tree oil memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Kandungan ini juga dapat meredakan peradangan pada gusi. Di sisi lain, baking soda dengan abrasif ringannya membantu memutihkan gigi dan melunturkan plak.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES