Tanpa stroberi, ini cara memutihkan gigi kuning penuh plak membandel pakai 2 jenis minyak

Tanpa stroberi, ini cara memutihkan gigi kuning penuh plak membandel pakai 2 jenis minyak

Brilio.net - Gigi adalah bagian penting dari sistem pencernaan. Gigi memiliki peran utama dalam proses menghaluskan makanan sebelum dicerna di dalam perut. Namun, karena gigi selalu dipakai untuk proses konsumsi makan dan minum, seringkali gigi kemudian menghadapi berbagai masalah. Beberapa masalah tersebut ialah menguningnya gigi hingga munculnya plak membandel.

Berubahnya warna gigi menjadi kuning sejatinya terjadi karena lapisan gigi memiliki pori-pori mikroskopis yang dapat menyerap zat-zat berwarna dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Apabila gigi dan mulut tidak dibersihkan dengan baik, hal ini akan membuat kotoran sisa makan dan minum tadi menempel pada gigi dalam waktu yang tidak sebentar.

Seiring berjalannya waktu, pigmen yang terakumulasi dari sisa konsumsi tersebut menyebabkan hilangnya kecerahan gigi dan berganti menjadi berwarna kekuningan. Selain itu, penguningan pada gigi sangat rentan berbuah menjadi masalah berupa munculnya plak.

Secara singkat, plak bisa diartikan sebagai lapisan lengket yang terbentuk oleh bakteri yang hidup di mulut dan menyatu dengan sisa makanan dan air liur. Nah, bakteri yang terkandung di dalam plak ini akan menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan enamel gigi. Lama kelamaan, apabila tidak dibersihkan dengan baik, asam ini akan terus merusak gigi dan membentuk tidak hanya plak, namun juga lubang pada gigi.

Banyak orang mengandalkan buah stroberi untuk mengurangi plak gigi. Stroberi mengandung pemanis alami berupa xylitol dan polifenol yang mampu mengurangi kolonisasi streptococcus mutans untuk menghambat aktivitas enzim di dalam mulut. Di mana pada akhirnya, plak di gigi akan berkurang, serta mencegah terbentuk kembali.

Tak cuma stroberi, ternyata ada bahan alami lain yang bisa dicoba untuk mengurangi plak gigi. Caranya adalah menggunakan campuran minyak kelapa, minyak peppertmint, dan baking soda, seperti yang ditunjukkan oleh @haroldleffall via Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Senin (9/10).

Tanpa buah stroberi  Instagram

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES