Tanpa serum vitamin C, TikToker ini bagikan cara memutihkan wajah kusam cuma pakai 1 jenis buah

Tanpa serum vitamin C, TikToker ini bagikan cara memutihkan wajah kusam cuma pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Kebiasaan tak menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan dapat menyebabkan kulit kusam dan warnanya tidak merata. Bukan tanpa alasan, sinar matahari akan memicu produksi melanin berlebih sebagai upaya perlindungan alami kulit dari efek buruk sinar matahari. Melanin sendiri merupakan pigmen alami pemberi warna pada kulit dan rambut.

Nah, produksi melanin berlebih inilah yang akan menjadi penyebab kulit kusam dan memiliki warna yang tidak merata. Selain paparan sinar matahari, kulit yang kusam dan tidak merata juga bisa disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati dan polusi. Itulah sebabnya penggunaan tabir surya dan melakukan eksfoliasi kulit secara rutin bisa jadi upaya menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Selain paparan sinar matahari dan penumpukan sel kulit mati, ada beberapa faktor lain yang juga bisa menjadi penyebab wajah kusam, seperti polusi, gaya hidup, dan kurangnya perawatan wajah. Oleh sebab itu, banyak orang mencari cara untuk mengatasi wajahnya yang kusam. Salah satunya dengan menggunakan produk skincare yang mengandung zat pencerah, seperti serum vitamin C.

Serum vitamin C memang dipercaya efektif untuk mencerahkan dan memutihkan wajah yang tampak kusam. Namun sayangnya, tak semua orang cocok menggunakan produk yang dijual di pasaran ini. Pasalnya, serum vitamin C biasanya memiliki kandungan zat aktif yang cukup tinggi, sehingga terkadang justru mengiritasi kulit. Terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih aman dan ramah di kantong. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh seorang TikToker melalui akun pribadinya @bareskinlab.official pada 6 Desember 2023, yang berisi tentang cara memutihkan wajah kusam cuma pakai 1 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah tomat.

"Guna tomato pun kulit boleh sihat? Jom cuba cara ni," kata TikToker dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @bareskinlab.official, Senin (15/4).

Tomat memutihkan wajah kusam  TikTok

foto: TikTok/@bareskinlab.official

Kandungan dan manfaat tomat untuk memutihkan wajah kusam.

Tomat merupakan jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, misalnya menyehatkan jantung hingga mencegah kanker. Namun ternyata, tomat juga punya beragam manfaat untuk kecantikan lho. Sebagian besar manfaat tomat bagi wajah berasal dari kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya.

Beragam nutrisi tersebut disebut bisa merangsang produksi kolagen, mengurangi garis halus, sampai menjaga kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam tomat bisa membantu memutihkan wajah.

Dengan begitu, memakai masker tomat pada wajah dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam, dan tampilan bintik hitam. Seperti yang dilansir dari laman Healthline, bahwa tomat memiliki kandungan vitamin C dan zat lainnya untuk menjaga kulit tetap sehat dan glowing alami.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES