Tanpa serum retinol, ini trik samarkan kerutan wajah akibat penuaan pakai sheetmask dari 1 air bekas

Tanpa serum retinol, ini trik samarkan kerutan wajah akibat penuaan pakai sheetmask dari 1 air bekas

Brilio.net - Salah satu efek yang paling jelas muncul ketika bertambahnya usia seseorang adalah munculnya kerutan seperti keriput dan garis halus di kulit wajahnya. Hal ini dikarenakan penuaan membuat kulit kehilangan kekencangan dan elastisitasnya akibat berkurangnya produksi kolagen dan elastin sebagai komponen yang bertanggung jawab dalam menjaga struktur kulit. Akibatnya, kulit pun tidak dapat mempertahankan kekuatan strukturnya dan lama-kelamaan mengalami proses pengerutan.

Selain penuaan, penurunan tingkat produksi kolagen dan elastin sejatinya juga menyebabkan berubahnya struktur dan tekstur kulit. Hal ini dikarenaan kehalusan tekstur kulit sejatinya sangat dipengaruhi oleh kadar air dan kelembapan alami yang dipertahankan oleh kolagen dan elastin tadi. Makanya tidak jarang jika kerutan pada kulit yang mengalami penuaan akan terasa kasar dan kering ketika dipegang.

Salah satu solusi yang paling banyak digunakan orang saat ini untuk mengatasi masalah di atas adalah penggunaan retinol. Retinol merupakan turunan vitamin A yang memiliki kemampuan dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dan mengatasi masalah jerawat. Walaupun efektif, nyatanya retinol dapat membawa rasa kering dan iritasi bagi beberapa orang karena sifatnya yang cukup poten. Retinol pun juga tidak dapat digunakan oleh setiap orang, seperti busui dan bumil.

Apabila kamu tidak cocok atau sedang mencari alternatif dari retinol untuk mengatasi masalah di atas, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai solusi alternatifnya. Salah satunya seperti menggunakan campuran air beras dan madu sebagaimana dilansir oleh briliobeauty.net pada Kamis (13/9) dari @ruchita.ghag melalui Instagram.

Tanpa serum retinol  Instagram

foto: freepik.com

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES