Tanpa serum pemutih, ini trik cerahkan wajah kusam bernoda gelap pakai 1 jenis buah

Tanpa serum pemutih, ini trik cerahkan wajah kusam bernoda gelap pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Secara umum, kulit yang kusam merupakan gambaran bagi wajah yang kurang cerah dan tampak kurang segar. Keadaan ini umumnya timbul akibat penumpukan kotoran di kulit yang disebabkan debu, polusi, dan paparan sinar matahari setelah beraktivitas. Jika tidak dibersihkan dengan benar, penumpukan kotoran tersebut akan menghilangkan kilau alami kulit.

Kondisi kulit kusam seringkali diiringi oleh munculnya noda seperti flek hitam, yaitu bercak gelap pada kulit. Faktor paparan sinar UV dari matahari berkaitan erat dengan permasalahan ini, karena sinar tersebut dapat merangsang produksi pigmen warna (melanin) pada kulit menjadi lebih cepat. Pigmen warna inipun kemudian menumpuk dan perlahan muncul sebagai bintik hingga bercak kehitaman di permukaan kulit.

Selain flek, noda hitam pada kulit juga dapat berasal dari masalah jerawat. Hal ini terjadi karena jerawat bisa meninggalkan bekas dalam bentuk noda kecokelatan atau PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Kasus ini muncul karena proses peradangan jerawat dapat merusak jaringan kulit, dan sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kerusakan tersebut dapat mengandung melanin berlebih.

Proses tersebutlah yang membuat bekas jerawat menyebabkan noda gelap terlihat pada kulit. Untuk menghindari kondisi kulit di atas, kamu nggak perlu ribet sampai melakukan perawatan mahal. Pasalnya, ada bahan-bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk memudarkan noda hitam tersebut. Salah satunya seperti yang dibagikan akun Instagram @glamitup_bysehar di Instagram.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES