Tanpa scrub tomat, ini cara cerahkan bibir hitam dan kering ala rekomendasi dokter pakai 1 jenis buah

Tanpa scrub tomat, ini cara cerahkan bibir hitam dan kering ala rekomendasi dokter pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Mempunyai tampilan bibir hitam, kering, dan kusam tentunya akan mengurangi rasa percaya diri dan membuat penampilan jadi kurang menarik. Biasanya, bibir hitam dan kering identik dengan seorang perokok. Padahal bibir hitam dan kering bisa terjadi karena disebabkan oleh kebiasan sehari-hari, seperti menjilat bibir. Kebiasaan yang dikira bisa melembapkan bibir ini justru membuat kondisinya semakin buruk. Perlu kamu ketahui, air liur di dalam mulut mengandung enzim yang dapat mengiritasi kulit bibir. Sehingga memicu kulit menjadi kering dan merusak lapisan pelindung alami.

Selain itu, perubahan warna pada bibir bisa terjadi karena paparan sinar matahari. Jika terpapar secara berlebihan, dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan hitam. Paparan sinar ultraviolet (UV) dapat merusak kulit bibir, mengakibatkan pigmentasi berlebih dan kehilangan kelembapan alami.

"Paparan sinar matahari berkepanjangan membuat bibir kamu menghasilkan pigmen lebih banyak lagi teman-teman. Nggak hanya kulit wajah, tapi bibir kamu bisa menghitam," jelas dokter Shindy, dikutip briliobeauty.net dari kanal YouTube Shindy TV, Rabu (13/3).

Dehidrasi dan kekurangan vitamin juga bisa membuat bibir menjadi hitam dan kering. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Penting untuk minum air yang cukup setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, termasuk menjaga kelembapan bibir. Sementara itu, bibir yang kekurangan vitamin dan mineral, seperti vitamin C dan zat besi menyebabkan kulit mudah pecah-pecah.

Itulah sejumlah penyebab yang membuat bibir berubah menjadi hitam dan kering. Meskipun memberikan tampilan yang kurang enak dipandang, kamu tak perlu khawatir. Bibir hitam dan kering bisa diatasi dengan cara alami. Seperti menggunakan scrub dari tomat. Pasalnya, buah satu ini mempunyai kandungan antioksidan, seperti likopen, betakaroten, dan vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut dipercaya mampu melindungi kulit bibir dari radikal bebas, sehingga ampuh mencerahkan bibir hitam.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES