Tanpa scrub oatmeal, ini trik bersihkan pori-pori wajah dari kotoran agar tak berkomedo pakai 1 tepung

Tanpa scrub oatmeal, ini trik bersihkan pori-pori wajah dari kotoran agar tak berkomedo pakai 1 tepung

Brilio.net - Merawat kulit supaya sehat dan berseri tidaklah mudah. Perlu perhatian, terutama supaya pori-pori wajah tetap bersih. Perlu kamu ketahui, pori-pori wajah yang tidak dibersihkan secara rutin bisa mengalami penyumbatan. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya sejumlah masalah kulit lain, seperti komedo atau jerawat.

Timbulnya komedo pada permukaan wajah ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama yaitu produksi kelenjar minyak atau sebaceous yang berlebihan. Kedua, adanya sel-sel kulit mati yang bercampur dengan sebum, menyebabkan folikel rambut mengalami penumpukan dan menyumbat pori-pori kulit.

Nah, ketika pori-pori tersumbat oleh campuran sebum dan sel-sel kulit mati, muncullah dua jenis komedo yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead).

Blackhead bisa terjadi karena sumbatan pori-pori pada wajah terbuka. Dengan begitu udara akan bereaksi dengan campuran minyak dan sel-sel kulit mati, yang menyebabkan warna hitam pada komedo tersebut. Warna hitam ini sebenarnya adalah hasil oksidasi dari sebum yang teroksidasi oleh udara, bukan karena kotoran.

Sedangkan jenis komedo tertutup atau whitehead terjadi ketika pori-pori tersumbat tetapi tidak terbuka. Nah komedo pun akan tertutup oleh lapisan kulit di atasnya. Komedo jenis ini terlihat putih.

Agar masalah kulit di atas tidak semakin parah, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan wajah secara rutin. Kamu bisa menggunakan produk pembersih yang dijual di pasaran. Selain mengandalkan produk skincare, kamu juga dapat membuat masker dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

(brl/lut)

tags

Advertising
Advertising
STORIES