Tanpa scrub mahal, cara atasi komedo pakai madu dicampur 1 bahan dapur ini bikin wajah lebih mulus

Tanpa scrub mahal, cara atasi komedo pakai madu dicampur 1 bahan dapur ini bikin wajah lebih mulus

Brilio.net - Tak hanya jerawat dan flek hitam, komedo juga merupakan salah satu masalah wajah yang sering bikin para wanita risih. Pasalnya, masalah di area wajah ini bisa membuat kebanyakan orang menjadi tidak percaya diri.

Komedo berasal dari kelenjar sebaceous (yang ada di pori-pori) yang memproduksi minyak pada kulit yang kemudian bercampur dengan sel-sel kulit mati, debu, polusi, serta makeup yang tidak dibersihkan dengan optimal. Berbagai kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori yang disebut dengan komedo.

Bila kamu melihat bintik-bintik kecil yang terasa kasar saat disentuh pada wajah, mungkin saja itu komedo. Tidak jarang komedo juga muncul di bagian tubuh lainnya seperti punggung, pundak, lengan, dan leher. Komedo juga bisa disebut sebagai blackheads karena permukaannya rata-rata berwarna hitam.

Tak hanya menyebabkan wajah jadi bertekstur, kusam, dan warnanya tidak merata, komedo juga menjadi cikal bakal terbentuknya jerawat. Bahkan masalah kulit ini dapat menyebabkan wajah mengalami jerawat meradang dan bernanah, akibat sumbatan pori-pori. Karena itulah, tak heran apabila banyak orang ingin tahu bagaimana cara mengatasi komedo secara efektif.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo dari wajah. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare khusus komedo atau yang disebut dengan pore pack, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Selain menggunakan pore pack, tak sedikit orang yang juga memanfaatkan scrub yang dijual di pasaran. Scrub wajah memang diformulasikan untuk mengangkat kotoran di wajah yang dapat menyumbat pori-pori. Namun sayangnya, tak semua orang cocok menggunakan scrub wajah yang dijual di pasaran, karena teksturnya yang cukup kasar dan dapat membuat wajah mudah iritasi.

Solusinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Pasalnya, komedo merupakan salah satu jenis jerawat yang terbilang ringan, sehingga perawatan alami pun dapat membantu proses penyembuhan.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES