Tanpa sampo khusus, dokter ini tunjukkan cara menghilangkan ketombe berkerak pakai 1 bahan dapur

Tanpa sampo khusus, dokter ini tunjukkan cara menghilangkan ketombe berkerak pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Munculnya ketombe di permukaan kulit kepala memang bisa menurunkan rasa percaya diri. Apalagi ketombe tersebut cukup parah, hingga menimbulkan kerak dan sulit dihilangkan. Tak hanya mengganggu penampilan saja, ketombe juga menimbulkan rasa gatal. Biasanya masalah kulit kepala tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama yang cukup berpengaruh adalah kulit kepala kering. Kulit kepala yang kering cenderung mengelupas lebih banyak. Hal tersebut menyebabkan kulit mati menumpuk dan menghasilkan ketombe.

Penyebab lain yang menjadi sumber munculnya ketombe adalah produksi minyak berlebihan di kulit kepala. Kondisi ini disebut seborrheic dermatitis atau dermatitis seboroik, dimana produksi minyak yang berlebih dapat menyebabkan kulit mati menumpuk. Hal tersebut jika tidak diatasi segera bisa menyebabkan munculnya ketombe basah.

Penyebab lainnya datang dari infeksi jamur di kulit kepala, seperti malassezia. Jamur tersebut diketahui mampu menyebabkan ketombe. Tak hanya itu, jamur malassezia juga memicu iritasi pada kulit kepala dan meningkatkan produksi sel-sel kulit mati.


(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES