Tanpa salep khusus, cara atasi panu ala wanita paruh baya ini efektif cuma pakai 1 bahan dapur

Tanpa salep khusus, cara atasi panu ala wanita paruh baya ini efektif cuma pakai 1 bahan dapur

Brilio.net - Ada berbagai permasalahan kulit yang cukup mengganggu kenyamanan dan penampilan. Beberapa masalah kulit yang terjadi, umumnya disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, hingga serangga atau hewan lainnya. Berbagai faktor tersebut dapat menyebabkan peradangan kulit, sehingga akan menimbulkan rasa perih, nyeri, hingga gatal yang sangat mengganggu.

Salah satu permasalahan kulit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia adalah panu. Masalah kulit ini ditandai dengan munculnya bercak putih di permukaan kulit. Biasanya panu juga akan menimbulkan rasa gatal. Panu biasanya muncul karena infeksi jamur Malassezia secara cepat dan tidak terkendali pada permukaan kulit. Meskipun umumnya muncul di badan dan bahu, kamu juga bisa mengalaminya di bagian tubuh lain seperti wajah, punggung, hingga perut.

Sebetulnya, belum diketahui secara pasti apa yang memicu terjadinya pertumbuhan jamur secara tidak terkendali tersebut. Namun banyak yang menduga jika pertumbuhan jamur Malassezia tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti kulit berminyak, mengeluarkan banyak keringat, kurang menjaga kebersihan tubuh, sistem kekebalan tubuh yang melemah, dan efek cuaca panas.

Karena cukup mengganggu, tak heran banyak orang mencari cara untuk menghilangkan panu dari tubuhnya. Salah satunya adalah memanfaatkan salep khusus panu yang dijual di pasaran. Mungkin bagi sebagian orang cara ini efektif, namun bagi sebagian lainnya, menggunakan salep berbahan kimia justru dapat mengiritasi kulit. Solusi lainnya, kamu bisa mengikuti cara yang dibagikan oleh seorang wanita paruh baya melalui akun TikTok pribadinya @nur.indahsaleh pada 14 Agustus 2023.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES