Tanpa produk skincare, wanita India ini hilangkan flek hitam pakai yoghurt dicampur 1 jenis kulit buah

Tanpa produk skincare, wanita India ini hilangkan flek hitam pakai yoghurt dicampur 1 jenis kulit buah

Brilio.net - Ada berbagai permasalahan wajah yang tak kalah meresahkan dari jerawat, salah satunya adalah flek hitam. Flek hitam atau disebut dengan ephelis adalah bintik-bintik datar pada kulit wajah yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Meski begitu, flek hitam dapat juga muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, tangan, hingga leher.

Bintik-bintik ini cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang yang memiliki kulit putih. Tak hanya wanita, pria ternyata juga bisa mengalami masalah kulit yang satu ini. Masalah kulit ini pada umumnya muncul karena faktor penuaan kulit. Tak heran kondisi ini paling banyak dialami oleh seseorang yang berusia 30 tahun ke atas.

Selain faktor penuaan, terdapat pula pengaruh lainnya yaitu perubahan hormonal, paparan sinar matahari, kondisi medis tertentu, gaya hidup yang tidak sehat, hingga penggunaan produk makeup yang tidak cocok. Paparan sinar matahari yang berlebih akan memicu produksi melanin yang berlebih.

Produksi melanin berlebih inilah yang menyebabkan munculnya bintik-bintik berwarna hitam kecokelatan di permukaan kulit. Kondisi ini juga disebut dengan hiperpigmentasi. Selain bikin kurang mulus, bintik hitam juga membuat wajah jadi kusam dan memiliki warna tidak merata. Untuk mencegah dan menghilangkan bintik hitam, diperlukan perawatan kulit dengan memanfaatkan berbagai produk skincare hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Penggunaan produk skincare untuk mengatasi flek hitam memang efektif, apalagi jika mengandung vitamin C dan zat aktif lain yang mampu memudarkan flek hitam. Namun sayangnya, tak semua orang cocok menggunakan produk skincare yang dijual di pasaran. Pasalnya kandungan aktif di dalamnya tak jarang justru mengiritasi kulit. Apalagi bagi pemilik kulit sensitif.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES