Tanpa perawatan mahal, ini trik redakan kemerahan di wajah akibat jerawat meradang pakai 2 bahan dapur

Tanpa perawatan mahal, ini trik redakan kemerahan di wajah akibat jerawat meradang pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang kerap terjadi pada wajah. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya, tetapi bisa menimbulkan bekas pada kulit. Meski begitu, jerawat sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan khusus. Menjaga kebersihan kulit merupakan cara terbaik untuk mengatasi atau terhindar dari masalah yang satu ini.

Jerawat yang baru muncul atau yang biasa disebut dengan jerawat meradang biasanya akan berwarna kemerahan dan menimbulkan rasa sakit saat disentuh. Jerawat meradang terjadi ketika area di bawah pori-pori yang menjadi sumbatan komedo mengalami peradangan dan memerah. Selain itu, juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri di bawah permukaan kulit.

Jerawat meradang ini bisa muncul karena kebiasaan kecil, seperti menggunakan brush makeup yang kotor, jarang membersihkan ponsel, lupa menghapus makeup, hingga konsumsi makanan olahan yang berlebihan. Hal-hal tersebut menyebabkan bakteri P.acnes jadi mudah tumbuh dan menyebabkan munculnya jerawat yang cukup parah hingga menyebabkan breakout.

Banyak orang yang pada akhirnya memencet jerawat sebagai upaya untuk membuatnya cepat mengering. Padahal, memencet jerawat bukan cara yang tepat untuk mengatasi jerawat meradang. Kondisi tangan yang tidak bersih, alat yang tidak steril, dan penyebaran kuman dari jerawat yang ditekan justru dapat memperburuk keadaan jerawat kamu.

Akibatnya, jerawat menjadi kemerahan, terinfeksi, dan lebih meradang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat bisa meninggalkan bekas luka di wajah atau yang disebut bopeng. Jika kamu salah satu orang yang mengalami kondisi ini, tak perlu risau, apalagi saat mengalami kemerahan di wajah akibat jerawat meradang. Karena kamu bisa melakukan perawatan untuk mengurangi kemerahan sekaligus mengatasinya agar lebih cepat kering dan tak semakin parah.

Kebanyakan orang akan melakukan perawatan mahal di klinik kecantikan. Padahal ada cara yang lebih murah namun hasilnya tak kalah efektif lho. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @ayeshaaqeel350 pada 6 November 2022, yang berisi tentang trik redakan kemerahan di wajah akibat jerawat meradang pakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah aloe vera gel dan madu.

2 Bahan dapur redakan kemerahan jerawat meradang TikTok

foto: TikTok/@ayeshaaqeel350

"2 ingredients clear glowing skin mask (2 bahan masker kulit bening glowing)," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ayeshaaqeel350, Jumat (5/4).

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES