Tanpa perawatan mahal, ini cara atasi pigmentasi akibat penuaan dini pakai masker dari 1 jenis tepung

Tanpa perawatan mahal, ini cara atasi pigmentasi akibat penuaan dini pakai masker dari 1 jenis tepung

Brilio.net - Pigmentasi merupakan kondisi di mana warna kulit pada wajah ini berubah menjadi tidak merata. Biasanya kondisi ini ditandai dengan timbulnya bintik-bintik gelap, noda cokelat, dan hiperpigmentasi.

Timbulnya pigmentasi akibat penuaan dini ini tentunya tidak muncul begitu saja. Pigmentasi ini bisa terjadi karena disebabkan oleh tiga faktor utama yaitu paparan sinar matahari yang berlebih, perubahan hormonal, dan kerusakan kulit.

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa merangsang produksi melanin (pigmen pemberi warna). Ketika kamu keluar rumah dan tidak menggunakan sunscreen atau perlindungan, hal tersebut bisa menyebabkan produksi melanin meningkat. Lambat laun dampaknya adalah munculnya bintik-bintik gelap atau biasa disebut noda matahari.

Sementara itu, perubahan hormonal dalam tubuh, seperti yang terjadi pada masa kehamilan bisa meningkatkan produksi melanin. Hal ini bisa menyebabkan hiperpigmentasi kehamilan atau mask of pregnancy (melasma).

Faktor lain yaitu kerusakan kulit yang terjadi karena peradangan pada kulit, seperti jerawat atau eksim bisa memicu pigmentasi (postinflammatory hyperpigmentation). Hal ini terjadi ketika produksi melanin naik dan hal ini menjadi respons kulit sebagai bentuk perlindungan..

Agar pigmentasi akibat penuaan dini pada wajah kembali cerah, cara yang harus kamu lakukan adalah mulai melakukan perawatan. Pertama yaitu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup setiap hari untuk menghindari sengatan matahari. Setelah itu, gunakan produk perawatan kulit dengan kandungan retinol yang bisa memudarkan pigmentasi.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa merawat wajah dengan treatment yang tidak menguras duit. Cukup gunakan masker yang terbuat dari satu jenis tepung atau green gram. Jenis tepung ini dibuat dengan bahan dasar yang berasal dari kacang hijau.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES