Tanpa perawatan mahal, begini cara atasi pigmentasi akibat penuaan pakai masker dari 1 jenis tepung

Tanpa perawatan mahal, begini cara atasi pigmentasi akibat penuaan pakai masker dari 1 jenis tepung

Brilio.net - Berada di bawah paparan sinar matahari terlalu lamabisa menyebabkan kulit menjadi gelap dan kusam. Bahkan bisa memunculkan pigmentasi kulit yang membuat kepercayaan diri seorang wanita menurun.

Pigmentasi kulit merupakan salah satu masalah kulit yang terlihat dari munculnya bercak pada kulit dan menyebabkan warna kulit tidak merata. Biasanya, tanda-tanda awal pigmentasi adalah munculnya bercak pada wajah di area dahi, hidung, dan pipi.

Pigmentasi kulit ini terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak melanin atau pigmen kulit yang mengakibatkan warna kulit tidak merata. Produksi melanin tersebut dipicu oleh paparan sinar UVA dari matahari, pencemaran lingkungan, gaya hidup, permasalahan hormonal, pemakaian pil KB, serta masalah kesehatan lainnya.

Namun, tahukah kamu jika pigmentasi juga bisa muncul seiring dengan bertambahnya usia seseorang? Seiring bertambahnya usia, lapisan kulit luar (epidermis) menipis dan jumlah sel yang mengandung pigmen berkurang (melanosit). Fungsi melanosit adalah melindungi kulit dari kerusakan, termasuk akibat paparan sinar UV matahari.

Ciri-ciri kulit yang menua adalah menjadi lebih tipis, lebih pucat, dan bagian di balik kulit terlihat jelas. Bintik-bintik pigmentasi, disebut bintik-bintik penuaan atau lentigo, juga rentan muncul di area kulit yang sering terpapar sinar UV matahari. Nah, jika kamu mengalami permasalahan ini, tak perlu risau, pasalnya kamu bisa melakukan berbagai perawatan untuk mengatasi pigmentasi yang muncul di wajahmu.

Kamu bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @sakhiartistry pada Mei 2020lalu. Melalui video unggahan tersebut ia membagikan cara atasi pigmentasi akibat penuaan pakai masker dari 1 jenis tepung.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES