Tanpa perawatan bleaching dan garam, ini trik putihkan gigi kuning dan berkerak pakai 1 jenis buah

Tanpa perawatan bleaching dan garam, ini trik putihkan gigi kuning dan berkerak pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Memiliki gigi yang berwarna kekuningan dapat membuat penampilan kurang maksimal. Kondisi ini terjadi ketika gigi yang awalnya berwarna putih gading berubah jadi lebih kuning. Kesehatan mulut bisa berubah buruk jika gigi yang kuning juga disertai dengan kerak yang sulit hilang.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab gigi kuning. Seperti kebiasaan minum kopi atau teh, malas menyikat gigi, merokok, serta penumpukan plak dan karang pada gigi. Terkadang gigi yang kuning jika tak segera diatasi, lama-lama akan menjadi kerak yang sulit dihilangkan.

Dari faktor-faktor tersebut, adanya plak gigi yang tak segera dibersihkan akan menjadi penyebab utama gigi jadi kekuningan. Plak gigi sendiri merupakan sisa makanan yang menempel pada gigi dan berubah menjadi lapisan tipis lengket yang akan merusak gigi. Pasalnya, dalam plak gigi terdapat berbagai bakteri yang juga berdampak pada kesehatan gigi dan mulut.

Secara umum, gigi kuning sangat mudah diamati. Perubahan warna nggak hanya terjadi pada satu gigi saja, tapi juga bisa beberapa gigi sekaligus, ataupun keseluruhan deret gigi atas dan bawah. Gigi mungkin berwarna putih kekuningan, kuning pekat, atau cokelat kehitaman. Kondisi ini bisa membuat kamu enggan untuk tersenyum lebar dan bahkan berbincang dengan orang sekitar.

Kondisi gigi yang menguning biasanya disertai dengan gangguan lain, seperti bau mulut, karies, dan penyakit gusi. Bila tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan gigi yang parah. Cara dasar merawat gigi, yaitu dengan menyikat gigi sehari dua kali setelah makan dan sebelum tidur.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES