Tanpa perasan jeruk, beauty vlogger ini tunjukkan trik hilangkan bekas jerawat pakai 1 jenis sayuran

Tanpa perasan jeruk, beauty vlogger ini tunjukkan trik hilangkan bekas jerawat pakai 1 jenis sayuran

Brilio.net - Bekas jerawat terbentuk karena peradangan atau kerusakan pada kulit akibat jerawat. Bekas kehitaman disebabkan oleh produksi melanin berlebihan dan penumpukan jaringan parut pada kulit wajah. Meskipun bekas jerawat umumnya tidak berbahaya secara medis, namun hal ini dapat mempengaruhi penampilan seseorang.

Oleh karena itu, perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat harus dilakukan untuk mendapatkan tampilan kulit sehat dan flawless. Saat ini, banyak cara untuk mengatasi jerawat maupun bekasnya sekaligus misalnya dengan produk-produk skincare berbahan aktif seperti retinol, serum vitamin C, atau bahkan melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Selain itu, kamu juga bisa melengkapinya dengan perawatan untuk atasi bekas jerawat dengan bahan alami seperti memakai perasan lemon. Lemon salah satu buah yang kerap digunakan sebagai bahan alami dalam atasi bekas jerawat. Ya, lemon dapat membantu mengurangi tampilan bekas jerawat di wajah karena kandungan vitamin C dan alpha hydroxy acids (AHA) yang terdapat di dalamnya.

Melansir dari Healthline (12/3) vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit dan merangsang produksi kolagen, yang dapat membantu mengurangi tampilan bekas jerawat maupun meningkatkan tekstur kulit. Alpha hydroxy acids (AHA), seperti asam sitrat yang terdapat dalam lemon, juga dapat membantu mengelupaskan lapisan atas kulit yang mati, bantu regenerasi sel-sel kulit baru, serta mengurangi penampilan bekas jerawat.

Namun, perlu diingat bahwa lemon memiliki sifat asam yang kuat dan dapat menyebabkan iritasi pada orang-orang dengan kulit sensitif. Sebelum menggunakannya secara langsung pada kulit wajah, disarankan untuk melakukan uji sensitivitas terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit jus lemon pada bagian kecil kulit lalu melihat apakah ada reaksi negatif seperti kemerahan atau iritasi.

Dibanding lemon yang memiliki asam kuat, kamu bisa mencoba untuk menggunakan sayuran yang juga kaya akan vitamin C. Jenis sayuran seperti tomat bisa kamu gunakan untuk mengatasi bekas jerawat.

Manfaat dan kandungan tomat untuk perawatan wajah.

Melansir dari Healthline (12/3) tomat mengandung vitamin C dan A, serta asam salisilat yang dapat membantu mengurangi peradangan ataupun kemerahan pada kulit wajah, serta membantu proses regenerasi sel-sel kulit. Kandungan asam salisilat dalam tomat bisa membantu mengelupaskan lapisan atas kulit yang mati, membantu menyamarkan bekas jerawat dan meningkatkan tekstur kulit agar lebih merata.

trik hilangkan bekas jerawat pakai 1 jenis sayuran  2024 brilio.net

foto: freepik.com

Selain itu, tomat juga mengandung likopen, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga bantu meredakan inflamasi. Kamu bisa menggunakan tomat sebagai bahan alami sebagai perawatan kulit untuk membantu mengatasi bekas jerawat. Salah satu cara yang umum adalah dengan membuat masker tomat dengan mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan bahan lain seperti madu, yoghurt, atau oatmeal.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES