Tanpa pelembap khusus, 11 cara atasi tumit kasar pakai bahan alami ini bikin lembut bak kulit bayi

Tanpa pelembap khusus, 11 cara atasi tumit kasar pakai bahan alami ini bikin lembut bak kulit bayi

Brilio.net - Banyak orang yang hanya memperhatikan perawatan wajah saja, padahal anggota tubuh lain seperti tangan dan kaki juga memerlukan perawatan agar terhindar dari berbagai permasalahan kulit. Misalnya saja tumit kaki, anggota tubuh ini rentan mengalami masalah kulit, seperti kulit kasar, retak, hingga pecah-pecah. Penyebab utamanya adalah karena kurangnya kelembapan kulit di area tumit kaki.

Kondisi tumit kering dan kasar akan semakin terasa jika terlalu sering terpapar sinar matahari atau cuaca ekstrem. Paparan sinar matahari berlebih, seperti angin kering atau suhu terlalu dingin juga bisa menyebabkan kulit kehilangan kelembapan. Tumit kaki kasar dan pecah-pecah juga bisa terjadi karena berbagai alasan.

foto: freepik.com

Seperti terlalu lama bermain dalam air, terlalu lama berdiri, tidak cocok menggunakan salah satu produk sabun, salah menggunakan sepatu (tidak cocok dengan bahannya atau ukurannya), dan dehidrasi. Kondisi lain yang akhirnya menimbulkan tumit kaki pecah-pecah seperti terkena penyakit kulit, kapalan, diabetes, hipotiroidisme, kekurangan nutrisi vitamin A dan lemak, serta efek obesitas.

Tumit kaki yang kasar biasanya tidak akan menimbulkan keluhan yang serius pada pengidapnya. Namun, jika kondisi ini terus dibiarkan, maka berbagai risiko kesehatan bisa kamu alami, seperti rasa tidak nyaman saat berjalan, nyeri pada area tumit, bahkan luka dan iritasi. Oleh karena itu, kamu perlu merawat tumit kaki agar tidak kasar. Mulai dari menggunakan pelembap khusus hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti 11 cara atasi tumit kasar pakai bahan alami yang bikin lembut bak kulit bayi berikut ini, yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/3).

1. Cara mengatasi tumit kasar pakai petroleum jelly.

Petroleum jelly pada dasarnya memiliki khasiat yang luar biasa sebagai agen pelembap. Kegunaan utamanya adalah membantu menjaga kelembapan alami kulit dengan menciptakan lapisan pelindung di permukaan kulit, mencegah penguapan air dari kulit, serta mencegahnya dari kekeringan.

Selain itu, petroleum jelly juga dapat menghaluskan lapisan kulit di area tumit yang kasar, sehingga efektif mengatasi masalah tumit kaki yang kering dan pecah-pecah. Caranya, kamu bisa menyimak trik yang dibagikan oleh akun Instagram @priyalsethiyaofficial berikut ini.

Alat dan bahan:

- 1 sendok teh petroleum jelly
- 1/2 sendok teh minyak kelapa
- Bubuk kunyit secukupnya
- Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

1. Masukkan 1 sendok teh petroleum jelly dalam sebuah wadah kecil.
2. Tuangkan sedikit minyak kelapa setelahnya, sekitar 1/2 sendok teh.
3. Tambahkan sedikit bubuk kunyit bersama seluruh bahan tadi.
4. Aduk hingga konsistensi semua bahan tercampur sempurna.
5. Oleskan campuran ini ke area tumit yang bermasalah secara merata sembari dipijat
6. Tutuplah kaki tersebut dengan plastik selama beberapa jam atau semalaman, lalu bilas keesokan harinya.
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES