Tanpa oatmeal, trik rapatkan pori-pori besar di wajah ala wanita India ini cuma pakai 2 bahan dapur

Tanpa oatmeal, trik rapatkan pori-pori besar di wajah ala wanita India ini cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Tak hanya jerawat saja yang dapat membuat penampilan wajah kurang sempurna, tetapi pori-pori wajah yang tampak lebih besar dari ukuran yang seharusnya juga dapat membuat wajah jadi bermasalah. Tak heran jika pori-pori besar menjadi salah satu masalah yang cukup meresahkan. Sebenarnya pori-pori memiliki fungsi penting sebagai tempat keluarnya sebum atau minyak alami kulit. Sebum inilah yang berperan dalam menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi.

Namun sayangnya, di sebagian orang pori-pori jadi tampak lebih besar dari ukuran yang seharusnya, sehingga wajahnya tampak berminyak dan kusam. Ada berbagai faktor yang memicu kondisi ini, seperti genetik, perubahan cuaca, paparan sinar matahari yang berlebih, suhu panas, hingga radikal bebas. Wajah yang berminyak ini akan membuat kotoran atau radikal bebas mudah menempel di permukaan wajah.

Nah, beberapa kotoran yang dimaksud adalah sel kulit mati yang menumpuk, debu, hingga sisa makeup yang tak dibersihkan secara optimal. Kotoran ini akan bercampur dengan sebum yang kemudian menyumbat pori-pori wajah. Sumbatan yang tak dibersihkan dan segera diatasi ini akan berubah menjadi komedo. Kondisi inilah yang akan membuat poti-pori tampak lebih besar dari ukuran yang seharusnya.

Jika terus dibiarkan, pori-pori besar ini juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat meradang lho. Pasalnya kotoran yang terjebak di pori-pori wajah akan menjadi tempat berkembangnya bakteri P.acnes penyebab munculnya peradangan jerawat. Oleh karena itu, jika ingin terhindar dari berbagai permasalahan kulit wajah, kamu bisa mencoba untuk merapatkan pori-pori besar menggunakan bahan-bahan alami.

Salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk merapatkan pori-pori besar di wajah adalah oatmeal. Banyak orang memanfaatkan bahan alami ini sebagai scrub yang ampuh mengangkat kotoran penyebab pori-pori besar. Namun sayangnya, bagi sebagian orang, wajahnya justru mengalami iritasi karena tekstur oatmeal yang terlalu kasar dapat membuat wajah kemerahan.

Solusi lainnya, kamu bisa mengikuti trik yang dibagikan oleh salah seorang wanita India melalui akun TikTok pribadinya @bodhiparma pada 15 Mei 2023, yang membagikan tentang trik rapatkan pori-pori besar di wajah cuma pakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah putih telur dan bubuk kayu cendana.

"Home remedy for open pores (Obat rumahan untuk pori-pori terbuka)," tulis sang wanita India dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @bodhiparma, Kamis (15/2).

Rapatkan pori besar di wajah wanita India Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES