Tanpa masker oatmeal, trik hempas komedo di hidung pakai scrub ala wanita ini cuma pakai 3 bahan alami

Tanpa masker oatmeal, trik hempas komedo di hidung pakai scrub ala wanita ini cuma pakai 3 bahan alami

Brilio.net - Selain jerawat, komedo juga menjadi masalah kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan. Kondisi ini dapat membuat wajah terasa bertekstur, kusam, warna kulit tidak merata, dan menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat meradang di wajah. Biasanya komedo akan muncul di area T-zone wajah, seperti hidung, dagu, dahi, dan terkadang di pipi. Bukan tanpa alasan, pasalnya di area tersebut, produksi minyak atau sebum lebih banyak dibandingkan area wajah yang lain.

Hidung adalah bagian wajah yang rentan berminyak, sehingga lebih mudah mengalami sumbatan pori-pori oleh kotoran dan sebum. Kotoran yang dimaksud adalah sel kulit mati, sisa makeup, dan polusi yang akan bercampur dengan sebum sehingga menyumbat pori-pori wajah. Sumbatan pori-pori yang tak segera dibersihkan ini akan berubah menjadi komedo.

Komedo terbagi menjadi dua jenis, yaitu komedo hitam dan putih. Komedo hitam biasanya akan berada di permukaan kulit akibat oksidasi yang menyebabkannya berubah menghitam. Sementara komedo putih, ada di bagian pori-pori lebih dalam dan sulit dihilangkan. Karena hal inilah, komedo akan membuat wajah jadi kurang mulus dan warnanya tidak merata.

Walaupun cenderung membandel, tapi komedo yang ada di hidung bisa dihilangkan. Caranya bukan dengan memencet hidung agar komedo keluar dari pori-pori. Pasalnya cara ini justru akan memperburuk kondisi kulit karena bisa membuatnya mengalami peradangan dan meninggalkan bekas di wajah. Untuk mengatasi kondisi ini, banyak orang yang memutuskan untuk menggunakan masker oatmeal sebagai upaya mengangkat komedo di hidung.

Masker oatmeal memang efektif, namun ternyata ada bahan alami lain yang tak kalah efektif dan lebih mudah ditemukan lho. Seperti yang diperlihatkan pada unggahan seorang wanita melalui akun TikTok pribadinya @buttkijaan17 pada 27 Agustus 2023.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES