Tanpa masker lidah buaya, beauty vlogger tunjukkan cara memutihkan ketiak hitam pakai 2 bahan dapur

Tanpa masker lidah buaya, beauty vlogger tunjukkan cara memutihkan ketiak hitam pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Penyebab yang paling umum yang membuat ketiak jadi hitam adalah cara mencukur bulu ketiak yang kurang tepat. Ketika melakukan pencukuran ketiak dengan metode yang tidak tepat, seperti menggunakan pisau cukur yang tumpul atau tidak memperhatikan arah pertumbuhan rambut, kulit ketiak dapat mengalami iritasi. Gesekan yang keras dan kasar selama proses pencukuran dapat menyebabkan kulit terluka dan meradang.

Iritasi yang terjadi selama proses pencukuran dapat menyebabkan peradangan pada kulit ketiak. Sehingga menghasilkan respons imun tubuh yang dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke daerah tersebut dan memicu pelepasan sel-sel darah putih untuk melawan iritasi.

Di sisi lain, proses peradangan pada kulit ketiak dapat memicu peningkatan produksi melanin (pigmen alami yang memberikan warna pada kulit). Peningkatan produksi melanin dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi lebih gelap.

Untuk mencerahkan kulit ketiak hitam, kamu perlu melakukan perawatan. Ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan, seperti menggunakan produk skincare dan mengaplikasikan masker atau scrub dari bahan alami.

Biasanya bahan alami yang sering digunakan untuk atasi ketiak hitam adalah lidah buaya. Masker lidah buaya ini mengandung aloin dan sifat pemutih alami, yang dapat membantu mengurangi pigmentasi gelap pada kulit.

Walaupun lidah buaya bisa atasi ketiak hitam, ada bahan lain yang bisa kamu coba. Seperti yang dibagikan oleh pengguna YouTube @prakriti-deepasahni, beauty vlogger itu memanfaatkan gula pasir, baking soda, glycerin, dan lemon. Gula pasir memiliki butiran halus yang dapat digunakan sebagai scrub alami untuk eksfoliasi kulit. Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit ketiak, sehingga membantu mempercepat regenerasi sel kulit baru dan mencerahkan kulit.

Dilansir dari byrdie.com, Sabtu (23/3) baking soda memiliki sifat abrasif lembut dan dapat digunakan sebagai eksfolian alami, yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan menjaga kulit tetap bersih. Selain itu, baking soda juga dapat membantu mengatur pH, yang penting untuk menjaga keseimbangan kulit dan mencegah ketiak hitam.

Gliserin adalah bahan pelembap yang efektif dan dapat membantu menjaga kelembapan kulit ketiak. Dengan memberikan kelembapan yang cukup, gliserin membantu menjaga kulit tetap sehat dan mencegah iritasi yang dapat menyebabkan ketiak hitam.

Perasan lemon mengandung asam sitrat alami yang memiliki sifat pemutih dan mencerahkan kulit. Asam sitrat membantu mengurangi pigmentasi gelap pada kulit, sehingga dapat membantu memudarkan warna ketiak hitam dan meningkatkan tampilan kulit yang lebih cerah. Namun penggunaan lemon ini secukupnya saja, lantaran kandungan asam di dalamnya bisa menyebabkan kulit iritasi.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES