Tanpa madu atau teh hijau, ini cara bikin spot treatment kempeskan jerawat pakai 1 jenis buah

Tanpa madu atau teh hijau, ini cara bikin spot treatment kempeskan jerawat pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit paling umum yang muncul sejak masa remaja. Secara umum, jerawat sendiri muncul karena area pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati yang bersifat kotor. Penyumbatan ini kemudian memicu bakteri dan kuman di kulit berkembang biak dengan cepat sehingga menimbulkan peradangan kulit. Dalam prosesnya, hal ini akan membuat kulit membengkak dan membentuk apa yang disebut jerawat.

Jerawat umumnya dapat meninggalkan bekas, bisa berupa noda kecokelatan (PIH) dan kemerahan (PIE). PIH sendiri muncul sebagai akibat dari banyaknya melanin yang dibawa sel-sel kulit baru untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat jerawat, sehingga menyebabkan munculnya noda gelap. Sementara itu, PIE atau bekas kemerahan muncul akibat adanya pelebaran dan kerusakan pembuluh darah pada saat jerawat meradang, sehingga memicu timbulnya bercak-bercak kemerahan tanda iritasi.

Nah, salah satu metode umum yang digunakan banyak orang untuk mengatasi jerawat adalah menggunakan obat totol jerawat (acne-spot treatment). Nyatanya, kamu juga bisa lho membuat spot treatment kamu sendiri dengan memanfaatkan bahan alami saja tanpa harus membeli. Salah satu caranya dengan menggunakan campuran lemon dan kunyit, sebagaimana dicontohkan oleh @shweta.jain02 di Instagram dan dilansir briliobeauty.net pada Selasa (31/10).

bikin spot treatment  Instagram

foto: freepik.com

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES