Tanpa lidah buaya, ini trik atasi beruntusan di wajah pakai 1 jenis minuman

Tanpa lidah buaya, ini trik atasi beruntusan di wajah pakai 1 jenis minuman

Brilio.net - Beruntusan merupakan sebuah istilah masalah kulit yang menggambarkan kondisi ketika terdapat kumpulan bintik putih hingga kemerahan kecil yang menonjol pada kulit, sehingga permukaan kulit terasa kasar dan tidak rata. Pada wajah, bruntusan umumnya muncul di sekitar area t-zone (dahi, hidung, dan dagu), namun tidak menutupi kemungkinan terjadinya di area wajah lain. Nah, salah satu penyebab utama dari masalah beruntusan ini adalah jerawat.

Secara sederhana, beruntusan ini timbul sebagai hasil dari penumpukan minyak, sel-sel kulit mati, dan bakteri di pori-pori kulit yang tersumbat. Masalah ini sendiri umumnya dipicu oleh gabungan beberapa faktor seperti paparan sinar UV, polusi, perubahan hormon, hingga pola hidup yang tidak sehat yang membuat kulit semakin kotor. Dalam prosesnya, hal ini akan menyebabkan peradangan dan pembentukan benjolan kulit. Akibatnya, munculnya beruntusan dan kumpulan bakal jerawat pun menjadi tidak terhindarkan.

Namun begitu, kamu nggak perlu takut kok ketika masalah ini muncul. Selain sekarang ada banyak sekali produk skincare komersil yang bisa kamu beli, kamu juga bisa mengatasi problematika beruntusan jerawat ini dengan metode penggunaan bahan alami lho. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan ampas teh hijau dan madu seperti yang diperagakan oleh @wulan_bahtiar melalui Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Selasa (29/8).

trik atasi bruntusan di wajah  Instagram

foto: freepik.com

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut katekin, terutama epigallocatechin gallate (EGCG). Katekin membantu melawan radikal bebas, meredakan peradangan, dan memperbaiki kerusakan kulit. Teh hijau juga memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih, sehingga membantu mencegah terjadinya perkembangan jerawat di wajah. Cek rekomendasi di bawah ini untuk membeli teh hijau dengan harga terjangkau.

trik atasi bruntusan di wajah  Instagram

foto: freepik.com

Madu dikenal sebagai bahan alami yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Kandungan enzim dan asam lemak dalam madu membantu membersihkan pori-pori, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan kulit dengan memicu regenerasi. Selain itu, madu juga secara efektif melembapkan kulit secara alami dan memberikan kelembutan ekstra pada wajah.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES