Tanpa lemon dan lidah buaya, ini cara putihkan pigmentasi akibat sinar matahari pakai 1 jenis tepung

Tanpa lemon dan lidah buaya, ini cara putihkan pigmentasi akibat sinar matahari pakai 1 jenis tepung

Brilio.net - Sinar matahari memang memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Namun hal ini hanya berlaku pada waktu-waktu tertentu saja, seperti di pagi hari dan sore setelah jam 5. Tetapi, jika sudah di atas jam 10 pagi, sinar matahari justru memberikan dampak buruk, terlebih bagi kecantikan kulit.

Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari secara berlebih dapat menimbulkan sejumlah masalah, salah satunya adalah pigmentasi. Kondisi ini adalah proses alami di mana pigmen melanin diproduksi oleh sel-sel kulit yang disebut melanosit. Nah, melanin ini memiliki peran penting dalam melindungi kulit dari efek bahaya sinar UV matahari.

Ketika kulit terpapar sinar UV, sel-sel melanosit dalam lapisan kulit epidermis diaktifkan untuk menghasilkan melanin, sebagai respons pelindung terhadap kerusakan sinar UV. Kondisi inilah yang membuat munculnya pigmentasi pada kulit wajah. Tidak hanya itu, paparan sinar matahari juga membuat produksi kolagen dan elastin menjadi rusak. Hal ini mengakibatkan munculnya garis halus, kerutan, dan pigmentasi tidak merata pada wajah.

Untuk memutihkan kembali pigmentasi akibat sinar matahari, kamu bisa menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Sebagai solusi alternatif, bahan alami ini bisa menjadi pelengkap dari rutinitas perawatan kecantikan harianmu.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES