Tanpa lemon, beauty vlogger ini bagikan cara atasi tangan belang pakai kopi dicampur 1 bahan

Tanpa lemon, beauty vlogger ini bagikan cara atasi tangan belang pakai kopi dicampur 1 bahan

Brilio.net - Tangan belang adalah kondisi kulit yang terlihat adanya perbedaan warna atau bercak-bercak putih di permukaan kulit. Bagi sebagian orang, tangan yang terlihat belang membuat rasa percaya diri berkurang. Tak hanya itu, tangan belang juga bisa jadi pertanda yang berkaitan dengan kondisi kesehatan seseorang. Maka dari itu, sebelum mengetahui cara atasi tangan belang, kamu perlu mengetahui penyebabnya.

Penyebab tangan belang paling umum adalah paparan sinar matahari yang intens. Paparan sinar matahari secara berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi belang. Hal ini terjadi karena paparan sinar UV merangsang produksi melanin, yang bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit.

Selain disebabkan oleh paparan sinar matahari, tangan belang bisa terjadi karena keratinisasi atau produksi sel kulit mati yang berlebihan. Ketika sel-sel kulit mati menumpuk pada permukaan kulit, kondisi ini dapat menyebabkan perubahan warna yang tidak merata.

Penyebab lainnya bisa terjadi karena pityriasis versicolor atau dikenal panu warna. Kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit. Nah, jamur ini menyebabkan perubahan warna pada kulit yang membuatnya tampak belang-belang.

Memberikan tampilan yang kurang menarik untuk dilihat, tak heran jika banyak orang yang mencari cara atasi tangan belang. Salah satu atasi tangan belang adalah menggunakan bahan alami. Ada berbagai macam bahan bisa digunakan untuk atasi tangan belang. Biasanya banyak orang mengandalkan buah lemon, lantaran kandungan vitamin C yang mempunyai sifat pemutih.

Kemampuan eksfoliasi pada buah lemon mampu mengurangi perubahan warna pada kulit. Namun campuran buah lemon ini tidak bisa digunakan secara terus menerus. Pasalnya, kandungan asam sitrat dalam buah lemon bisa menyebabkan iritasi.

Beauty vlogger @routinegossips punya tips lain yakni menggunakan bubuk kopi dan lidah buaya. Khasiat bubuk kopi dan lidah buaya, tak kalah ampuh dari buah lemon. Bubuk kopi memiliki tekstur kasar, sehingga dapat digunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih halus. Pijatan dengan scrub kopi dapat merangsang peredaran darah, sehingga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan memberikan tampilan yang lebih cerah.

Sedangkan lidah buaya mengandung senyawa aktif, seperti aloin dan aloesin yang diketahui memiliki sifat pemutih alami. Senyawa tersebut dapat membantu mengurangi perubahan warna kulit dan memberikan tampilan yang lebih merata. Lidah buaya juga memiliki sifat antiinflamasi dan membantu memulihkan kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

(brl/psa)

tags

Advertising
Advertising
STORIES