Tanpa laser mahal, ini cara pudarkan hiperpigmentasi agar wajah auto cerah pakai 1 jenis buah-buahan

Tanpa laser mahal, ini cara pudarkan hiperpigmentasi agar wajah auto cerah pakai 1 jenis buah-buahan

Brilio.net - Selain jerawat dan kulit kusam, salah satu masalah kulit wajah yang cukup mengganggu adalah hiperpigmentasi atau biasa disebut dengan flek hitam. Kondisi ini ditandai dengan munculnya flek-flek hitam di wajah, dari yang berupa bintik sampai bercak-bercak berwarna cokelat kehitaman.

Hiperpigmentasi merupakan proses menggelapnya kulit di area tertentu akibat produksi melanin (zat pigmen yang memberi warna bagi kulit dan rambut) yang berlebihan. Melanin yang berlebih inilah yang kemudian muncul menjadi bintik-bintik atau flek di permukaan kulit.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya hiperpigmentasi yang mengakibatkan sel-sel melanosit di kulit menjadi sangat aktif sehingga produksi melanin pun meningkat. Seperti peradangan pada kulit, paparan sinar matahari yang berlebihan, penuaan kulit, penggunaan obat-obat tertentu semisal pil KB, genetik, polusi, dan perubahan hormonal akibat kehamilan.

Flek hitam sebenarnya bukanlah kondisi yang berbahaya dan menimbulkan rasa sakit. Namun, keberadaan bintik-bintik gelap di wajah ini biasanya dapat menyebabkan seseorang kehilangan percaya diri. Tak heran jika banyak orang melakukan berbagai cara untuk mencoba menghilangkan hiperpigmentasi agar kulit wajah kembali cerah merata dan mulus.

Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satu perawatan di klinik kecantikan yang banyak dilakukan adalah laser wajah. Laser memang efektif untuk memudarkan hiperpigmentasi di wajah, namun untuk melakukan treatment ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, jika kamu tak mau mengeluarkan banyak biaya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tak kalah efektif untuk memudarkan flek hitam. Seperti dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @erajzaidi1 pada 5 Februari 2024.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES