Tanpa laser, cara atasi flek hitam pakai kunyit dicampur 2 bahan alami ini bikin wajah cerah merata

Tanpa laser, cara atasi flek hitam pakai kunyit dicampur 2 bahan alami ini bikin wajah cerah merata

Brilio.net - Ada banyak masalah kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan dan kepercayaan diri, salah satunya adalah flek hitam. Flek hitam adalah kondisi munculnya bintik-bintik kecil berwarna cokelat kehitaman di beberapa area wajah. Hal ini dapat membuat kulit wajah jadi kusam dan memiliki warna tidak merata.

Kondisi wajah ini bisa muncul akibat berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari yang berlebih, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, faktor penuaan, peradangan jerawat, perubahan hormon dan lain-lain. Paparan sinar matahari yang berlebih adalah penyebab umum munculnya flek hitam. Pasalnya, sinar matahari akan memicu pembentukan melanin atau pigmen alami kulit dalam jumlah yang tinggi.

Ini merupakan upaya alami kulit dalam melindungi diri dari efek buruk sinar matahari. Nah, melanin yang berlebihan inilah yang menjadi penyebab munculnya flek hitam di permukaan kulit. Tak heran jika masalah kulit ini juga disebut dengan hiperpigmentasi.

Tidak sedikit orang yang merasa terganggu karena flek hitam di wajahnya. Sebagian di antara mereka bahkan sampai merasa frustasi karena susahnya menghilangkan flek hitam tersebut. Oleh karena itu, tak sedikit orang memilih cara instan dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Seperti melakukan laser wajah dan treatment lainnya. Namun hal ini pastinya akan menghabiskan biaya yang tak sedikit. Sebagai solusinya, kamu bisa mencoba bahan-bahan alami untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @tianamp1 pada 20 Februari 2024, yang berisi tentang cara atasi flek hitam pakai kunyit dicampur 2 bahan alami yang bikin wajah cerah merata. Bahan alami yang dimaksud adalah petroleum jelly dan madu.

"How to clear off dark spots on the face (Cara menghilangkan flek hitam di wajah)," tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @tianamp1, Selasa (12/3).

Atasi flek hitam pakai kunyit 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kandungan kunyit untuk memudarkan flek hitam.

Sebagai salah satu rempah yang kaya akan kandungan antioksidan, kunyit ternyata memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Beberapa manfaatnya yaitu dapat mencerahkan wajah dan mengatasi warna kulit tidak merata akibat flek hitam. Menurut Healthline, manfaat kunyit untuk kecantikan, kemungkinan karena komponen bioaktif kurkumin yang terkandung di dalamnya. Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Kandungan kurkumin di dalamnya inilah yang dapat menangkal radikal bebas penyebab munculnya flek hitam.

Manfaat petroleum jelly untuk wajah, terutama mengatasi flek hitam.

Petroleum jelly merupakan salah satu bahan pelembap yang biasanya digunakan sebagai produk perawatan kulit. Khususnya mengatasi kulit kering dan bersisik. Namun ternyata bahan pelembap ini juga bisa membantu mengatasi flek hitam di wajahmu lho. Petroleum jelly bersifat hypoallergenic yang melembapkan kulit dan menghilangkan tampilan flek hitam serta noda pada wajah. Penggunaan yang rutin, akan membuat wajah jadi lebih mulus, halus, dan kenyal.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES