Tanpa kunyit, pria ini tunjukkan cara pudarkan mata panda pakai 2 bahan dapur

Tanpa kunyit, pria ini tunjukkan cara pudarkan mata panda pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata umumnya memang dikaitkan dengan kurang tidur. Pasalnya, kurang tidur memang dapat memberikan dampak yang cukup buruk untuk kesehatan kulit.

Melansir dari Healthline (11/3), Kurang tidur menyebabkan darah tidak mengalir dengan baik ke area sekitar mata sehingga menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, darah menumpuk di bawah mata dan tampak lebih gelap karena kulit di daerah ini sangat tipis. Selain mata panda, kurang tidur juga membuat mata tampak bengkak dan wajah terlihat kusam.

Tidur yang cukup memang sangat dibutuhkan tubuh. Seperti yang diketahui, selama tidur nyenyak, tingkat metabolisme kulit dipercepat. Banyak sel-sel tubuh menunjukkan peningkatan produksi dan mengurangi kerusakan protein. Inilah yang menyebabkan tidur malam yang cukup dapat mempercantik kulit.

Selain itu, kulit beregenerasi lebih cepat saat tidur. Ini membantu memperbaiki kerusakan akibat polusi, sinar matahari, stres, dan faktor lainnya. Selama tidur, kulit juga bekerja mengembalikan kelembapan yang hilang.

Ketika jam tidurmu cukup, maka hormon di dalam tubuh berkerja dengan baik dalam menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, saat tidur tubuh memproduksi hormon yang penting untuk memperbaiki dan mengembalikan kesehatan kulit.

Namun selain kurang tidur, mata panda juga disebabkan oleh beberapa faktor lainnya, seperti:

1. Faktor usia

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi semakin tipis. Kulit yang tipis memperlihatkan pembuluh darah di bawah mata dengan lebih jelas, sehingga muncul mata panda.

2. Kebiasaan menatap layar

Menatap layar televisi, komputer, atau telepon genggam dalam waktu lama dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Pembuluh darah di sekitar mata membesar akibat kondisi ini, dan kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap.

3. Faktor Genetik

Mata panda juga dapat diturunkan dalam keluarga. Jika orang tua memiliki mata panda, anaknya juga berisiko mengalaminya. Selain itu, orang dengan kulit lebih gelap juga lebih rentan terhadap mata panda.

4. Dehidrasi

Saat tubuh kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi, kulit di bawah mata terlihat cekung dan kusam. Hal ini juga dapat memicu munculnya mata panda.

5. Kebiasaan merokok dan minum Alkohol

Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol, dapat menyebabkan mata panda. Aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar, sehingga lingkaran di sekitar mata tampak lebih gelap.

6. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat memicu produksi melanin (pigmen) yang membuat kulit lebih gelap. Sinar matahari yang mengenai mata juga dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

7. Alergi

Reaksi alergi dan mata kering dapat memicu lingkaran hitam. Histamin yang dilepaskan oleh tubuh sebagai respons terhadap alergi dapat membuat pembuluh darah di bawah mata lebih terlihat, termasuk di bagian bawah mata.

Jika tidak diatasi, kondisi kulit semakin buruk. Lingkarang hitam di bawah mata juga akan membuat kamu tampak lebih tua dan tidak fresh.

Agar mata panda pudar, kamu perlu memastikan jam jam tidur yang berkualitas. Ketika pola tidur baik cukup membantu memulihkan dan meregenerasikan sel kulit. Nggak cuma itu, penggunaan eye cream ataupun produk skincare yang mengandung vitamin C, retinol, dan peptida dapat membantu mencerahkan dan mengurangi pembengkakan pada area bawah mata.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES