Tanpa kunyit dan lemon, ini trik cerahkan flek hitam di wajah pakai masker dari 1 bahan pemanis

Tanpa kunyit dan lemon, ini trik cerahkan flek hitam di wajah pakai masker dari 1 bahan pemanis

Brilio.net - Flek hitam atau sering disebut hiperpigmentasi adalah akumulasi pigmen melanin di bagian kulit tertentu. Hal ini menyebabkan perbedaan atau perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan flek hitam di wajah. Misalnya cedera kulit akibat luka bakar, sayatan, dan peradangan yang meninggalkan noda hitam.

Selain itu paparan sinar ultraviolet berlebihan bisa merangsang produksi melanin dalam kulit. Kondisi ini terjadi karena sebagai bentuk respons perlindungan terhadap kerusakan. Dampaknya kulit berubah gelap dan timbul bercak hitam.

Proses penuaan dini juga tidak luput dari faktor munculnya flek hitam. Ketika usia semakin bertambah, kinerja kulit untuk mengurangi pigmen melanin yang berlebihan mulai menurun, sehingga mengakibatkan penumpukan dan timbulnya flek hitam.

Untuk sebagian orang flek hitam memang cukup mengganggu penampilan. Jika kamu mengalaminya, tak perlahan khawatir. Pasalnya kondisi ini bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami.

Tak perlu kunyit dan lemon untuk mencerahkan flek hitam, terdapat bahan alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu madu dan kopi. Bahan pemanis ini mengandung asam alpha hydroxy (AHA) alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit baru. Madu dapat membantu dalam memudarkan flek hitam secara perlahan. Sifat antiinflamasi yang terkandung pada madu membantu meredakan peradangan kulit.

Sementara kopi bubuk memiliki tekstur kasar yang bisa dijadikan sebagai eksfolian alami sehingga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan antioksidan di dalam bahan minuman ini mampu menghilangkan flek hitam dan meredakan pembengkakan.

Cara menggunakan bahan alami itu cukup mudah, berikut tutorialnya yang dibagikan pengguna YouTube Mehglow, Senin (25/9).

(brl/ola)

tags

STORIES