Tanpa kunyit, cara atasi flek hitam di wajah ala wanita berkulit sawo matang cuma pakai 2 bahan dapur

Tanpa kunyit, cara atasi flek hitam di wajah ala wanita berkulit sawo matang cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Salah satu permasalahan kulit wajah yang dapat membuat wajah tampak kusam dan tidak merata adalah flek hitam. Flek hitam atau yang disebut hiperpigmentasi ini umumnya dialami oleh seseorang yang terlalu sering beraktivitas di luar ruangan tanpa perlindungan tabir surya di kulitnya. Ini karena paparan sinar matahari yang berlebih akan memicu produksi melanin menjadi lebih banyak, sebagai upaya perlindungan alami kulit dari efek buruk sinar matahari.

Melanin merupakan komponen alami kulit yang berperan dalam memberikan pigmen atau warna kulit. Nah, produksinya yang berlebihan akibat paparan sinar matahari, akan menyebabkan munculnya bintik-bintik berwarna hitam kecokelatan di permukaan kulit yang disebut dengan flek hitam.

Tak hanya karena sinar matahari saja lho, ternyata flek hitam juga bisa muncul karena faktor lain. Seperti polusi udara, perubahan hormonal, genetik, efek penuaan, penggunaan skincare atau makeup yang tidak cocok, dan radikal bebas lainnya. Adanya flek hitam di wajah memang dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Tak heran jika banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan atau memudarkannya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kulit ini. Seperti melakukan treatment laser di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare yang diformulasikan khusus untuk flek hitam, serta memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk memudarkan flek hitam adalah bubuk kunyit.

Kunyit memang dipercaya mampu memudarkan flek hitam dan meratakan warna kulit wajah berkat kandungan kurkumin dan antioksidan di dalamnya. Bahan ini memang efektif, namun sayangnya terkadang kunyit akan meninggalkan stain atau bekas warna kuning di wajah jika tidak dibersihkan dengan benar. Jika tak ingin hal ini terjadi, kamu bisa memanfaatkan bahan alami lainnya.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES