Tanpa krim pencerah, ini trik memutihkan flek hitam akibat jerawat pakai masker dari 1 jenis tepung

Tanpa krim pencerah, ini trik memutihkan flek hitam akibat jerawat pakai masker dari 1 jenis tepung

Brilio.net - Penyebab dari flek hitam tidak hanya dikarenakan oleh tanda penuaan saja. Namun masalah kulit satu ini juga bisa terjadi karena jerawat yang seringkali meninggalkan bekas berupa flek hitam atau bintik-bintik gelap. Tentunya, adanya bintik hitam ini cukup mengganggu penampilan dan membuat wajah tidak menarik lagi.

Ini bisa terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri. Proses terjadinya flek hitam ini terbentuk akibat peradangan yang terjadi pada kulit saat jerawat muncul.

Perlu kamu ketahui, jerawat terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah jerawat inflamasi yang biasanya lebih meradang. Saat terjadi peradangan, sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan melepaskan zat-zat inflamasi ke daerah yang terkena. Hal ini bisa membuat kulit tampak merah, bengkak, dan nyeri.

Ketika jerawat mulai sembuh, sel-sel kulit baru bekerja untuk memperbaiki area yang rusak. Proses regenerasi kulit ini bisa mempengaruhi produksi melanin, pigmen alami yang memberikan warna pada kulit. Namun terkadang proses penyembuhan ini bisa mengakibatkan peningkatan produksi melanin di area bekas jerawat. Ketika terjadi ketidakseimbangan produksi melanin di area bekas jerawat, hal ini bisa menyebabkan hiperpigmentasi atau perubahan warna kulit, yang pada akhirnya menjadi flek hitam atau bintik-bintik gelap.



(brl/far)

tags

STORIES