Tanpa harus scaling, ini cara hilangkan karang gigi dan bau busuk di mulut cuma pakai 1 jenis sayuran

Tanpa harus scaling, ini cara hilangkan karang gigi dan bau busuk di mulut cuma pakai 1 jenis sayuran

Brilio.net - Setiap orang pastinya memerlukan makan dan minum untuk mendapatkan energi dan menutrisi tubuh mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Proses konsumsi makan dan minum ini jelas akan melibatkan gigi yang terletak di dalam mulut. Hal ini dikarenakan gigi merupakan salah satu organ terpenting dalam sistem pencernaan yang berfungsi untuk melunakkan makanan agar mudah dicerna oleh perut.

Nah, sebagai organ yang memiliki fungsi signifikan, merawat kesehatan gigi dan mulut tentunya tidak boleh diabaikan. Selain berfungsi untuk menunjang penampilan yang bersih, mulut dan gigi juga merupakan aspek penting dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meskipun demikian, tidak semua orang memiliki kondisi gigi yang prima. Pasalnya, tak sedikit yang mendapatkan permasalahan seperti karang gigi menumpuk dan bau mulut.

Karang gigi merupakan lapisan keras yang terbentuk di atas gigi karena penumpukan plak yang sulit untuk dihilangkan. Plak ini menjadi lapisan lengket yang terdiri dari bakteri, sisa makanan, dan saliva. Penyebab utamanya adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik, seperti tidak menggosok gigi dua kali sehari.

Selain itu, adanya konsumsi beberapa jenis makanan yang tinggi gula dan asam dapat meningkatkan risiko terbentuknya karang gigi. Sementara itu, bau mulut disebabkan oleh bakteri yang memakan sisa-sisa makanan tertinggal, sehingga menghasilkan zat-zat yang berbau tidak sedap.

Tidak hanya itu, adanya konsumsi makanan tertentu, seperti bawang putih dan merah, serta makanan pedas dapat meningkatkan risiko bau mulut. Walaupun cukup membuat risau, kedua masalah ini dapat diatasi dengan berbagai cara. Selain rutin membersihkan gigi ke klinik gigi, kamu juga bisa menggunakan cara alami.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES