Tanpa gunakan mentimun, ini trik atasi pigmentasi akibat bekas jerawat hanya pakai 1 jenis buah

Tanpa gunakan mentimun, ini trik atasi pigmentasi akibat bekas jerawat hanya pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Jerawat disebabkan oleh produksi minyak atau sebum pada kulit yang berlebihan. Dalam kondisi ini minyak menyumbat pori-pori kulit. Nah, pada pori-pori kulit, terdapat folikel yang terdiri dari kelenjar minyak dan rambut. Ketika folikel ini tersumbat oleh berbagai kotoran dan minyak, maka jerawat akan timbul.

Memang, jerawat ini membuat sejumlah orang merasa kesal. Bukan tanpa sebab, jerawat ini sulit untuk dihilangkan dan terkadang menimbulkan rasa nyeri pada kulit. Bahkan jika fase ini sudah lewat, jerawat tidak hilang begitu saja. Jerawat ini menimbulkan masalah lain yaitu timbulnya bekas yang menghitam (pigmentasi) dan butuh waktu untuk menghilangkannya.

Ketika jerawat meradang, produksi melanin dapat meningkat dengan cepat. Hal ini menyebabkan tampilan noda cokelat pada kulit setelah jerawat sembuh. Selain itu, proses penuaan pada kulit juga dapat mempengaruhi pigmentasi akibat bekas jerawat. Perlu kamu ketahui, kulit yang mulai menua cenderung lebih lambat memudarkan pigmentasi akibat bekas jerawat.

Untuk mengatasi pigmentasi ini yang perlu kamu lakukan adalah rutin menggunakan tabir surya. Produk skincare yang satu ini memiliki kegunaan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Selain itu, kamu juga bisa memudarkan pigmentasi dengan melakukan sejumlah perawatan. Tak perlu pergi ke klinik kecantikan, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti halnya mentimun. Bahan lalapan ini memiliki kandungan berupa senyawa yang bisa mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan air, vitamin C, dan vitamin K bisa membantu melawan radikal bebas dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Selain menggunakan mentimun, kamu juga dapat memanfaatkan satu jenis buah yaitu pepaya. Buah yang berwarna orange ini mengandung enzim papain yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, meratakan warna, dan meregenerasi sel kulit baru.

Lalu, bahan tambahan alami yaitu susu menjadi eksfoliasi alami karena kandungan asam alpha hydroxy (AHA) yang bisa mengangkat sel kulit mati. Lalu, adanya kandungan vitamin D dan kalsium di dalam bahan minuman ini dapat memperkuat skin barrier dan melembapkan.

(brl/wen)

tags

STORIES