Tanpa gunakan baking soda, ini trik mencegah gigi kuning akibat plak pakai 1 bumbu dapur

Tanpa gunakan baking soda, ini trik mencegah gigi kuning akibat plak pakai 1 bumbu dapur

Brilio.net - Penampilan yang menarik tidak hanya didukung dari fashion dan riasan wajah. Namun tampilan gigi yang tampak bersih, cerah, dan bebas noda kuning juga menjadi hal menarik bagi sejumlah orang. Walaupun begitu, tak memungkiri masalah seperti gigi kuning akibat plak ini menurunkan rasa percaya diri kita.

Berbicara mengenai plak gigi, hal ini merupakan lapisan berlendir yang terbentuk secara alami karena bakteri dan sisa makanan. Plak terbentuk karena adanya penumpukkan pada gigi yang tidak dibersihkan dengan benar. Perlu kamu ketahui, bakteri yang berkembang bersamaan dengan gula bisa menghasilkan asam. Hal ini bisa merusak lapisan keras pada gigi (enamel) dan pada akhirnya menyebabkan gigi kuning hingga berlubang.

Selain disebabkan oleh kerusakan enamel, faktor lain yang menyebabkan perubahan warna pada gigi yaitu terjadinya mineralisasi. Dalam kondisi ini plak yang tidak dihilangkan dengan benar dapat mengeras menjadi tartar atau karang gigi dan sulit untuk dihilangkan.

Untuk mencegah terjadinya gigi menjadi kuning akibat plak, langkah utama yang perlu kamu lakukan adalah rutin membersihkannya. Dalam perawatan ini kamu bisa menggunakan pasta gigi yang terbuat dari bahan alami. Trik ini yang digunakan oleh pengguna YouTube sattvic movement. Dalam videonya yang berdurasi beberapa menit ini dia memakai satu bahan dapur yaitu garam.

Bukan tanpa sebab, garam memiliki sifat abrasif ringan yang dapat membantu menghilangkan noda kuning pada gigi. Bahan masakan tersebut juga mengandung antibakteri sehingga bisa menjaga mulut tetap bersih dan mengatasi pembentukan noda kuning pada gigi. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga membantu mengurangi peradangan pada gusi.

Lalu, bahan kedua yang digunakan adalah kunyit bubuk. Bahan rempah ini memiliki sifat pemutih yang bisa menghilangkan noda kuning. Senyawa antiinflamasi di dalam kunyit juga bisa mengatasi peradangan pada gusi. Sementara itu, bahan terakhir yakni cengkih memiliki sifat antibakteri yang mengurangi bakteri. Adanya antioksidan di dalam bahan ini bisa melindungi gigi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kamu tertarik menggunakan pasta gigi dari bahan-bahan di atas untuk atasi noda kuning? Bagi kamu yang ingin mencobanya, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti di rumah.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES