Tanpa garam dan lemon, ini cara usir gigi kuning membandel dan bau mulut pakai 1 minyak esensial

Tanpa garam dan lemon, ini cara usir gigi kuning membandel dan bau mulut pakai 1 minyak esensial

Brilio.net - Gigi merupakan organ penting yang memiliki berbagai fungsi vital dalam membantu proses pencernaan makanan. Gigi berperan dalam pemotongan, penghancuran, dan penghalusan makanan sebelum makanan tersebut dicerna oleh sistem pencernaan. Tanpa gigi yang sehat, seseorang akan kesulitan dalam mengunyah makanan, yang dapat mengganggu proses pencernaan yang efisien.

Namun begitu, fungsi-fungsi di atas juga sejatinya membuat gigi rentan terkena banyak masalah, terutama terkait dengan penguningan warna gigi. Pudarnya warna putih pada gigi biasanya disebabkan oleh tertinggalnya noda pascakonsumsi makan, minum, hingga rokok yang tidak dibersihkan dengan baik. Noda ini meninggalkan zat-zat pigmen yang kemudian menempel dan terserap pada lapisan enamel gigi, sehingga mengubah warna putih cerah gigi menjadi kotor kekuningan.

Apabila tidak dibersihkan dengan baik, noda gigi dapat memicu perkembangan bakteri penyebab bau mulut. Bau mulut, atau halitosis di dunia medis, terbentuk karena bakteri di dalam mulut bereaksi dengan air liur dan kotoran yang tertinggal di mulut. Reaksi ini memproduksi asam kuat yang tidak hanya membuat mulut mengeluarkan bau tak sedap, namun juga merusak lapisan enamel gigi sehingga bisa berlubang dan memunculkan radang.

Tenang, bagi kamu yang menghadapi problematika di atas, nggak perlu takut kok. Soalnya, ada banyak bahan alami berkhasiat yang bisa kamu gunakan sebagai solusi alternatif mengatasi masalah di atas. Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran minyak peppermint, minyak kelapa, dan baking soda, sebagaimana caranya ditunjukkan oleh @liveleantv melalui Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Jumat (22/9).

usir gigi kuning membandel dan bau mulut  Instagram

foto: freepik.com

Peppermint oil adalah minyak hasil ekstraksi daun mint yang dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Kandungan menthol di dalamnya membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut, sehingga dapat membantu mengatasi masalah bakteri serta penguningan warna gigi. Selain itu, aroma segar dari peppermint oil dapat memberikan sensasi kesegaran di mulut, sehingga jadi bebas bau yang tidak diinginkan.

usir gigi kuning membandel dan bau mulut  Instagram

foto: freepik.com

Minyak kelapa adalah minyak yang kaya akan kandungan antimikroba dan antioksidan melalui komponen asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat di dalamnya. Selain dapat mengurangi peradangan, senyawa tersebut juga dapat membantu mengurangi jumlah bakteri berbahaya yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, minyak kelapa juga bermanfaat dalam meluruhkan plak membandel dan mencegah gigi menguning.

usir gigi kuning membandel dan bau mulut  Instagram

foto: freepik.com

Baking soda pada dasarnya memiliki sifat eksfoliasi ringan yang dapat membantu mengikis plak dan noda kuning pada gigi dan memutihkannya dalam prosesnya. Selain itu, sifat alkali baking soda juga efektif membantu menetralkan keasaman di mulut. Hal ini kemudian dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab kerusakan gigi.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES