Tanpa garam dan kunyit, ini trik hilangkan noda kuning bekas makanan pada gigi pakai 1 jenis minyak

Tanpa garam dan kunyit, ini trik hilangkan noda kuning bekas makanan pada gigi pakai 1 jenis minyak

Brilio.net - Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menghindari masalah kesehatan lain yang mungkin terjadi. Kondisi kesehatan gigi bisa mempengaruhi penampilan serta tingkat percaya diri seseorang. Terutama ketika munculnya noda kuning pada gigi.

Penyebab noda pada gigi bisa berbeda-beda, tergantung warna noda yang muncul. Noda pada gigi biasanya ada yang berwarna putih, kuning, hitam, atau cokelat. Meski terkesan sepele, kondisi ini bisa menjadi tanda awal kerusakan gigi atau gigi berlubang.

Banyak hal yang memicu munculnya noda kuning pada gigi. Sebut saja konsumsi kafein harian yang terdapat pada teh dan kopi hingga kebiasaan merokok. Selain itu, sisa makanan yang menumpuk dan jarang dibersihkan akan membentuk plak gigi. Lama-kelamaan, plak gigi akan mengeras dan menjadi karang gigi. Karang gigi inilah yang akan nampak sebagai bercak noda kuning atau kecokelatan pada gigi.

Cara untuk mengembalikan senyum cemerlang yang terganggu akibat noda gigi tidaklah sulit. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tanpa garam dan kunyit, karena pemilik akun TikTok @dillon.latham pada 2 September 2023, hanya menggunakan 1 jenis minyak. Minyak yang dimaksud adalah minyak kelapa.

"Oil teeth whitening (Pemutihan gigi dengan minyak)," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @dillon.latham, Kamis (14/9).

Hilangkan noda kuning pada gigi pakai 1 jenis minyak Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat minyak kelapa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut rupanya sudah dikenal sejak zaman dahulu. Pemanfaatan ini dikenal dengan istilah oil pulling yang pertama kali ditemukan di India. Meski tidak bisa digunakan sebagai satu-satunya perawatan pada masalah gigi, kandungan asam laurat yang mencapai 50% dalam minyak kelapa terbukti dapat mencegah beragam masalah pada gigi.

Asam laurat merupakan jenis asam lemak yang paling efektif untuk membunuh bakteri dibandingkan jenis asam lainnya. Sifat antibakteri dalam minyak kelapa terbukti ampuh melawan pertumbuhan Streptococcus mutans dan Candida albicans, dua mikroba yang kerap menyebabkan karang gigi.

Minyak kelapa mungkin juga tidak dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara langsung. Namun, minyak kelapa memiliki manfaat sebagai pembunuh bakteri dan pencegahan gigi berlubang. Artinya, cairan ini juga mencegah perubahan warna gigi yang menyertai kondisi tersebut.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES