Tanpa foot cream, ini cara haluskan tumit retak akibat keseringan pakai heels dengan 2 bahan dapur

Tanpa foot cream, ini cara haluskan tumit retak akibat keseringan pakai heels dengan 2 bahan dapur

Brilio.net - Tumit kaki yang retak dan pecah-pecah adalah salah satu masalah kaki yang sangat umum dan bisa terjadi pada siapa saja. Kamu akan merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri dengan permasalahan kaki satu ini. Selain membuat tidak nyaman dan kurang percaya diri, memiliki tumit yang retak dan pecah-pecah dapat memunculkan rasa sakit terutama saat berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

Penyebab tumit kaki retak dan pecah-pecah adalah kelembapan kulit yang hilang, hingga menjadi kering dan mudah retak. Hal ini yang sering membuat rasa nyeri atau sakit pada permukaan kaki. Penyebab lainnya adalah terlalu lama mengenakan sepatu atau high heels. Pasalnya, kebiasaan menggunakan alas kaki terbuka cenderung membuat area tumit melebar dan menyebabkan kondisi kulit yang retak dan pecah-pecah.

Bahkan, salah menggunakan sabun atau kaki terlalu lama terendam di dalam air juga dapat menyebabkan tumit kehilangan kelembapannya. Selain itu, tumit yang retak dan pecah-pecah juga dapat menjadi pertanda kondisi medis tertentu lho, seperti diabetes, gangguan tiroid, dan psoriasis. Orang lanjut usia mudah mengalami masalah ini karena faktor usia yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dan cenderung kering.

Tumit yang retak dan pecah-pecah memang tidak sedap dipandang mata. Tak hanya soal penampilan, apabila masalah ini dibiarkan terus-menerus tanpa perawatan yang tepat juga dapat berakhir dengan petaka. Selain menimbulkan rasa sakit saat digunakan untuk berjalan, tumit yang retak bisa berdarah dan menyebabkan infeksi serius. Sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah, kamu bisa melakukan perawatan mudah di rumah.

Salah satunya seperti video TikTok yang diunggah oleh akun @tamires.dejesus pada 13 Maret 2023. Unggahan tersebut berisi cara menghaluskan tumit retak akibat keseringan pakai heels dengan 2 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah madu dan cuka apel.

Selain itu, pemilik akun juga menggunakan batu apung untuk menggosok bagian tumit yang retak dan pecah-pecah. Pemilik akun juga mengaplikasikan petroleum jelly pada tumitnya untuk menghaluskan sekaligus melembapkan kulit kering agar mencegahnya dari retak dan pecah-pecah.

"this is how you can get your heels looking like this (inilah cara agar tumit kamu terlihat seperti ini)," katanya dalam video yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @tamires.dejesus, Jumat (8/9).

(brl/jad)

tags

STORIES