Tanpa dicampur baking soda, trik beauty vlogger mencerahkan gigi kuning ini cuma pakai 1 ampas dapur

Tanpa dicampur baking soda, trik beauty vlogger mencerahkan gigi kuning ini cuma pakai 1 ampas dapur

Brilio.net - Bagi sebagian orang, memiliki senyum indah yang memancarkan kecerahan gigi merupakan aset yang berharga. Namun sayangnya keindahan senyuman dengan gigi bersih dan bebas plak terkadang harus dipatahkan karena noda kuning yang mulai muncul di permukaannya. Ya, seiring waktu gigi bisa menguning karena proses mengunyah makanan atau kebiasaan tak sehat yang kamu lakukan. Apalagi jika rutinitas tersebut tak diimbangi dengan perawatan intensif berkala untuk gigi.

Sejumlah faktor yang mengakibatkan noda kuning pada gigi di antaranya konsumsi minuman berwarna seperti kopi, teh, dan minuman bersoda atau berkarbonasi. Semua jenis minuman tersebut berisiko menimbulkan noda pada gigi yang membuatnya menjadi kuning. Selain itu, kebiasan buruk, seperti merokok juga bisa bikin gigi cepat kuning. Rokok memiliki kandungan zat-zat kimia yang dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan warna kuning.

Konsumsi makanan yang mengandung pigmen tinggi, seperti tomat, ceri, ataupun cokelat juga memicu plak kuning di gigi. Perawatan gigi yang tidak maksimal atau cara membersihkan yang kurang benar membuat sisa makanan dan minuman tertinggal dan memicu munculnya bakteri penyebab gigi kuning dan berkerak.

Untuk mencerahkan kembali gigi yang kuning, kamu bisa menggunakan cara-cara alami. Salah satunya dengan mengombinasikan pasta gigi dengan berbagai bahan lainnya seperti dilakukan oleh seorang beauty vlogger kochen rezepte, dilansir briliobeauty.net, Jumat (23/2).

Bahan alami untuk memutihkan gigi.

Dalam video yang dibagikan, beauty vlogger tersebut menggunakan tiga bahan utama yaitu cangkang telur, lemon, dan olive oil. Cangkang telur mengandung kalsium untuk membantu memperkuat enamel gigi, yang merupakan lapisan pelindung terluar. Enamel yang kuat membantu mencegah kerusakan gigi dan membantu menjaga gigi tetap putih. Cangkang telur yang dihancurkan menjadi bubuk halus dapat berperan sebagai agen pembersih lembut untuk membantu menghilangkan noda pada gigi tanpa merusak enamel.

Sementara lemon diketahui mengandung asam sitrat yang dapat membantu mengurangi noda pada gigi dan memberikan kesan lebih cerah. Sifat antimikroba pada lemon dapat membantu membunuh bakteri di dalam mulut, mengurangi risiko terjadinya kerusakan gigi dan masalah gusi.

Sedangkan olive oil mengandung antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi dan mencegah penyakit gusi. Di sisi lain, olive oil atau biasa dikenal dengan minyak zaitun ini juga bisa menjaga kelembapan di dalam mulut agar tidak kering sehingga gigi lebih terlindungi.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES