Tanpa bubuk matcha, ini trik bikin toner rawat pori-pori dari jerawat pakai 1 tanaman herbal

Tanpa bubuk matcha, ini trik bikin toner rawat pori-pori dari jerawat pakai 1 tanaman herbal

Brilio.net - Pori-pori kulit merupakan lubang kecil di permukaan kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan minyak alami tubuh agar kulit tetap lembap. Pori-pori juga merupakan tempat tumbuhnya rambut dan jalur sebum atau minyak di kulit. Lubang kecil pada kulit ini memiliki fungsi penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menjaga kelembaban kulit sesuai dengan suhu lingkungan.

Ukuran pori-pori bisa berbeda-beda pada setiap orang, tergantung pada faktor genetik, jenis kulit, usia, paparan sinar UV, dan hormon. Pori-pori yang besar rentan tersumbat oleh kotoran dan minyak berlebih, yang bisa menyebabkan masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan dan melembapkan kulit secara rutin, serta memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk mengecilkan pori-pori.

Kondisi pori-pori membesar acap ditemui pada orang dengan jenis kulit berminyak. Hal ini dikarenakan jumlah sebum yang melebihi batas normal akan memaksa pori-pori untuk menyesuaikan diri dengan melebarkan rongganya. Nah, kondisi kulit berminyak ini sendiri bisa dipicu oleh banyak hal, mulai dari faktor genetik, cuaca panas, hingga faktor polusi sekalipun.

Masalah pori-pori yang melebar memudahkan kotoran seperti partikel debu dan sel kulit mati masuk dan menyumbat pori-pori. Situasi ini kemudian dapat memicu kuman serta bakteri jahat di dalam kulit berkembang biak dengan cepat, yang akan menimbulkan peradangan kulit membentuk jerawat. Apabila tidak ditangani dengan baik, jerawat dapat berujung pada luka dalam yang dapat merusak skin barrier yang mengelilingi pori-pori kulit tersebut.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES